PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON
Abstract
Penerapan metode pembelajaran di sekolah merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar dengan menciptakan kondisi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving belajar pada kelas X SMA Negeri 2 Kecamatan Sirimau Kota Ambon sebagai subjek pada penelitian ini. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu (1) Observasi; (2) Angket; dan (3) Daftar Cek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving sangat membantu peserta didik pada mata pelajaran PKn dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kecamatan Sirimau Kota Ambon di setiap kali pertemuan uji coba
1, uji coba 2 dan uji coba 3; dan (2) metode pembelajaran problem solving dapat merangsang serta memberikan motivasi yang baik dan semangat bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang diperoleh pun menjadi optimal.
Downloads
References
Depdiknas.
Dimiyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhendri H dan Mardalena T. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil BelajarMatematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif. 3 (2), 105-114.