PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON

  • Destiny M Solissa SMA Negeri 2 Ambon
  • Maryone Saija STKIP Gotong Royong Masohi
Keywords: Metode Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar

Abstract

Penerapan  metode  pembelajaran  di  sekolah merupakan  salah  satu  strategi  untuk  meningkatkan hasil  belajar  dengan  menciptakan  kondisi pembelajaran  yang  berpihak  kepada  peserta  didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving belajar  pada  kelas  X  SMA  Negeri  2  Kecamatan Sirimau Kota Ambon sebagai subjek pada penelitian ini. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu (1) Observasi; (2) Angket; dan (3) Daftar Cek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving sangat membantu peserta didik pada mata pelajaran PKn dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar peserta  didik  kelas  X  SMA  Negeri  2  Kecamatan Sirimau Kota Ambon di setiap kali pertemuan uji coba

1, uji coba 2 dan uji coba 3; dan (2) metode pembelajaran   problem   solving   dapat   merangsang serta memberikan motivasi yang baik dan semangat bagi   peserta   didik   dalam   proses   pembelajaran sehingga hasil yang diperoleh pun menjadi optimal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Depdiknas.
Dimiyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhendri H dan Mardalena T. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil BelajarMatematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif. 3 (2), 105-114.
Published
2020-02-05