PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DALAM PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKESREK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi penerapan pembelajaran tematik integratif dalam pendidikan JOK dengan pendekatan bermain. Penelitian ini di laksanakan pada siswa kelas 3 SD Negeri Makariki Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pembelajaran yang di capai pada siklus 1 presentase ketuntasan belajar di capai sebesar 37,5 % dan presentase ketidaktuntasan sebesar 62,5 %. Selanjutnya pembelajaran pada siklus II presentase ketuntasan sebesar 90 % dan presentase ketidaktuntasan sebesar 10 % dengan demikian pembelajaran di katakan tuntas pada siklus II ini sehingga tidak lagi di lanjutkan pada siklus berikutnya
Downloads
References
Dimyati, Mudjono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta
Hamalik, 2004. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo
Ibnu Hajar, 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta:Diva Press
Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Vol 6. April 2017. Ambon:Universitas Pattimura
Kemmis S. dam Mc. Taggart, R. 1992. The Action Research Planner. Australia:Deakin University Press.
Lutan Rusli, Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III
Nana Sudjana, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Prasetyo, 2008. Biarkan Anakmu Bermain. Jakarta:PT Indeks
Ratumanan, T.G.2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya. Unessa University Press
Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:PT Rajagrafindo Persada
Sadiman, dkk, 2008. Bentuk-bentuk permainan. Yogyakarta:Graha Ilmu
Samsudin. 2013. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta:Universitas Negeri Jakarta
Silabus PJOK, 2016. Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
Suardi, 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta:PT. Indeks
Sujono, Sukarmin. 2009. Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta:Graha Ilmu
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Wina Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:Prenada Media Group