PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL DAN PENDEKATAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV

  • Melinda Annisa Putri Prodi PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Prodi PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Susilo Adi Saputro SDN Pandeanlamper 03 Semarang
Keywords: PBL, Developmentally Appropriate Practice, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan DAP terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B di SDN Pandeanlamper 03 Semarang yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mix method antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui gaya belajar setiap siswa, sedangkan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data diantaranya uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran dan pendekatan DAP terhadap peningkatan hasil belajar. Setelah dilakukannya pengambilan data kualitatif diperoleh bahwa siswa kelas IV B memiliki keragaman gaya belajar yang didominasi auditori sebesar 40% atau 11 siswa, bergaya visual 37% atau 10 orang, dan sisanya 22% atau 6 orang memiliki gaya belajar kinestetik. Sedangkan hasil pengumpulan data kuantitatif berupa nilai pretest dan posttest yang kemudian dilakukan uji n-gain diperoleh hasil yaitu 0,63 yang masuk ke dalam kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL yang dipadukan dengan pendekatan DAP menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang bervariasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta didik di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansor Karimah, A., & Siti Nurfarijah, E. (2023). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 10(3), 404–413. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Devi, C. R., Permata, S. D., & Rahmawati, A. D. (2023). GLOBAL EDUCATION Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Luqman Al Hakim Ngawi. 1(1), 103–119.
Efendy, Mamang, and Sayidah Aulia Ul Haque. "Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice)'." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5.2 (2023): 101-106.
Hotimah, Husnul. "Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar." Jurnal edukasi 7.2 (2020): 5-11.
Jacub, Tasmin A., Hasia Marto, and Arisa Darwis. "Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli)." Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 2.2 (2020).
Marwa, Neneng Widya Sopa, Herlina Usman, and Baina Qodriani. "Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka." METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 18.2 (2023): 54-65.
Nurdin, M., & Alimuddin, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 123-134.
Pratiwi, D., & Haryanto, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika dan IPA, 6(3), 45-50.
Retnaningsih, Lina Eka, and Ummu Khairiyah. "Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini." SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8.2 (2022): 143-158.
Rambe, Siti Fatimah, Marah Doly Nasution, and Irvan Irvan. "Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP PAB 2 Helvetia." PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 6.2 (2022): 245-250.
Rahayu, Tri. "Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran." Misbahul Ulum (Jurnal Institusi) 1.02 Desember (2023): 109-121.
Setiawan, I., & Widodo, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 12-19.
Sari, Ganda, and Bertha Natalina Silitonga. "Gambaran Pembelajaran Berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) di Sekolah Dasar." Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9.1 (2024): 408-415.
Yam, J. H. (2022). JURNAL EMPIRE Refleksi Penelitian Metode Campuran. 2(2), 126–134.
Yulianci, Syahriani, Nurjumiati Nurjumiati, and Asriyadin Asriyadin. "Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika." Jurnal Pendidikan MIPA 10.1 (2020): 40-44.
Published
2025-04-22