PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LATIHAN SPG AMBON
Abstract
Salah satu hal yang paling mendasar dalam dunia pendidikan adalah bagaimana usaha untuk menginovasi proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Pendidikan harus diberi makna mendalam bagi perbaikan, sebagai salah satu instrumen utama pengembangan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses pembelajaran berkaitan erat dengan komponen-komponen pembelajaran seperti pemilihan model pembelajaran, media dan peran guru dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle . Model Pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle hadir dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran di kelas memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle mampu meningkatkan keberanian siswa dan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S.2006.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:Bumi Aksara
Hake, R. (1999). Hanalyzing C hange/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reaserch Methodology.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar) Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ritiauw S. Patra. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.
Spencer, Kagen. (1993). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan
Cooperative Learning.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Supardi. 2011. Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suyanto.1997. Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta : IBRD
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Motivatif- Progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana