PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN

  • Ade Arba’atussholihah Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia
  • Dadang Saepuloh Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6882-0270
Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Berfikir Kritis

Abstract

Pendidikan saat ini masih menghadapi banyak kendala, dengan sejumlah pengajaran yang terus menerapkan metode tradisional, sehingga menjadikan proses belajar tampak kaku dan membosankan. Hal ini berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah paradigma belajar berbasis masalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta motivasi murid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Data dikumpulkan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji independen, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 27. Dari hasil uji hipotesis independen, nilai signifikansi (2-Tailed) yang diperoleh adalah 0,330, yang menunjukkan bahwa P lebih tinggi dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian berbasis masalah menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir siswa kelas XI AK di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344

Asokawati, S., Asrial, A., & Afreni Hamidah, A. H. (2023). Pengaruh PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan. Biodik, 9(3), 1–6. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.23400

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Delacre, M., Lakens, D., & Leys, C. (n.d.). Why Psychologists Should by Default Use Welch’s t-test Instead of Stud ent’s t-test. International Review of Social Psychology, 30(1), 92–101. https://doi.org/10.5334/irsp.82

Dirgari, Y., Panjaitan, R. G. P., & Kusmawati, A. (2023). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 56–65. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5688

Eka Yulianti, I. G. (2019). model pembelajaran problem based learning (PBL) efeknya terhadap konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 47(3), 301–307. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021). Effect of problem-based learning on critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060

H., D., & A., V. (n.d.). The Effect of Nonnormality on Student’s Two-Sample T Test.

Hartatik, S. (2022a). Penerapan Probelem Based Learning Dalam Menungkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan Vol., 2(4), 335–346.

Hartatik, S. (2022b). penerapan problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sesuai kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Indrayani, P. K. I., Hasyim, S. H., & Fatimah. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Administrasi Pajak Kelas XII AKL SMKS PGRI 1 Gianyar Bali. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Belajar, 4(2), 1–9.

Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

N., K., Jimin, L., Susan, R., D., P., Sara, G. R., & R., Y. (n.d.). A Methodology for Appropriate Testing When Data is Heterogeneous Using EXCEL.

N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Putri, D. K., Hidayah, R., & Yuwono, Y. D. (2023). Problem Based Learning: Improve Critical Thinking Skills for Long Life Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5049–5054. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4188

Sabur, A., Saepuloh, D., Triana, R., Studi, P., Ekonomi, P., Tangerang, U. I. S., & Author, C. (2021). Improving Students Critical Thinking During Covid 19 Through Online Learning. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 61–74.

Saepuloh, D., Sabur, A., Lestari, S., & Mukhlishoh, S. U. (2021). Improving Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy by Learning Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning Models. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 495. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31029

Setiadi, R., Aprilia, A., Maemunah, M., & Nirwana, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan PKn. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 22. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15269

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Zheng, L., Diamond, J. M., & Denton, D. L. (n.d.). Evaluation of whole effluent toxicity data characteristics and use of Welch’s T‐test in the test of significant toxicity analysis. Environmental Toxicology and Chemistry, 32(2), 468–474. https://doi.org/10.1002/etc.2075

Published
2025-04-18