EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IKATAN KIMIA PADA ERA KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS DI SMAS KATOLIK VILLANOVA MANOKWARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di era Kurikulum Merdeka. Menggunakan desain pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest, penelitian melibatkan 28 siswa kelas X di SMAS Katolik Villanova Manokwari. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata pretest (42,29) menjadi posttest (75,29). Analisis statistik dengan uji-t menunjukkan nilai sig. 0,000 (< 0,05), yang mendukung hipotesis bahwa TPS memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang) menunjukkan peningkatan hasil belajar yang baik, dengan kontribusi TPS sebesar 78%. Model TPS terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendukung prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penerapan model TPS secara lebih luas pada materi lainnya dan mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif di era pendidikan modern.
Downloads
References
Arikunto, S. (2011). Teknik Analisis Data. PT. Gramedia.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J. Edu. and Lang. Res., 1(12), 2105–2118.
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9–17.
Fanti, S. I., Murtihapsari, M., & Rombe, Y. P. (2022). Pengaruh Model Tps Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 247–257.
Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis minat belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20–25.
Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 58–66.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033.
Kurniawan, I. R., Fiani, A., & Lokaria, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Journal of Elementary School, 6(2), 225–239.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 80–86.
Rahmadani, F., Deprizon, D., & Fithri, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SD Negeri 15 Pekanbaru. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 220–224.
Rinaldi, R. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sel di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang. Jurnal Education and Development, 5(2), 24.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategis dan Implementasinya Dalam Kurikulum di Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.