PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DARI BARANG BEKAS BAGI GURU- GURU SD DI KECAMATAN WONOSALAM JOMBANG JAWA TIMUR

  • Putri Rachmadyanti Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • FX Mas Subagio Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media pembelajaran, barang bekas, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara teoritis maupun praktis tentang merancang dan membuat media pembelajaran dari barang bekas. Melalui pelatihan ini diharapkan guru- guru semakin termotivasi untuk meranang da membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. Peserta pelatihan adalah keseluruhan guru  guru SD yang tergabung dalam Kelompok kera Guru se-Kecamatan Wonosalam Kabuaten Jombang. Metode yang dilaksanakan berupa penyampaian materi serta pendampingan pembuatan media pembelajaran melalui diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan pelatihan ini berupa terciptanya berbagai bentuk media pembelajaran dari barang bekas yang data digunakan di kelas dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, baik di kelas rendah maupun kelas tinggi.. Hasil angket respon yang dibagikan menunjukkan hasil 90% guru memamahi materi pelatihan, 85% merasa puas dengan pembimbingan , dan 87 puas dengan metode saat menyajikan materi dan membimbing. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu pelatihan , sehingga perlu adanya tambahan waktu agar hasil yang didapatkan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Pramesti Putri. 2008. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang melalui Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran ( PTK di Kelas V SDN Tutup I Blora ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Pretasi Pustakarya.
Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rofian, Ari Widianingrum. 2015. Barang Bekas sebagai Media Penciptaan Karya Seni dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas V SD 1 Gribig Kudus. Jurnal Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) , PGSD Universitas PGRI Semarang, Vol. 5 NO.2 tahun 2015 ISSN 20885792 (Print), ISSN 2580-513 (Online).
Satrinawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2019-04-05