PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CARD SORT PADA MATERI PELAJARAN TAHARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTS TSABILIT TAQWA MARGOMULYO
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan di MTs Tsabilit Taqwa Margomulyo masih menggunakan metode konvensional yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik di bawah KKTP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII pada materi taharah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIb MTs Tsabilit Taqwa Margomulyo yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Tanggart. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil tes peserta didik diperoleh hasil bahwa pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 28,6 yang kemudian meningkat menjadi 78,5 pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 89,3. Selain nilai rata-rata, persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 0% kemudia meningkat menjadi 60,7% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 89,3%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi taharah.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.