KESELARASAN PENGALAMAN MAGANG MAHASISWA PGSD DENGAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK: PERSPEKTIF MAHASISWA PROGRAM MAGANG
Abstract
Hadirnya program magang/praktik kerja MSIB menjadi peluang bagi mahasiswa calon guru untuk mengembangkan kompetensi pedagogik melalui pengalaman magang. Fenomena beragamnya mitra dan posisi magang mahasiswa PGSD menyebabkan dilakukannya penelitian ini untuk untuk menggali lebih dalam keselarasan antara pengalaman magang mahasiswa PGSD di berbagai mitra dan posisi magang dengan pengembangan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara kepada 17 orang informan dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa mitra dan posisi magang berpengaruh terhadap keselarasan antara pengalaman magang dengan pengembangan kompetensi pedagogik. Keselarasan antara pengalaman magang dengan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap penguasaan aspek-aspek kompetensi pedagogik seperti, pemahaman landasan kependidikan, pemahaman karakteristik peserta didik, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan memfasilitasi potensi peserta didik.
Downloads
References
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN. Attadib: Journal Of Elementary Education, 5(1), 28–45. Https://Www.Jurnalfai-Uikabogor.Org/Attadib
Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru SMA Di Indonesia : Sebuah Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496.
Cahyana, & Agustin, M. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas: Perencanaan, Penerapan Dan Evaluasi Dalam Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 844–851. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V6i1.5962
Crisnawati, E., Hermansyah, A. K., & Purwanty, R. (2022). Kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(1), 56–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V6i1.6201 This
Dimmera, B. G., Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2022). Persepsi, Kebutuhan Dan Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 768–773. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V26i2.1980
Lesnussa, A., Mahananingtyas, E., Huliselan, A., & Anihu, F. (2020). STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN INKLUSIF PADA SD NEGERI DI KECAMATAN NUSANIWE AMBON. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 49–62. Https://Ojs3.Unpatti.Ac.Id/Index.Php/Pedagogika/Article/View/1663
Lorenza, D., Rahayu, P., Septinia, S., & Sari, U. P. (2024). ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1730–1746. Https://Publisherqu.Com/Index.Php/Pediaqu
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1940
Nasir, A., Nurjana, Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative%0apendekatan
Octavianingrum, D. (2020). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM KEGIATAN MAGANG KEPENDIDIKAN BAGI MAHASISWA CALON GURU. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 115–124. Https://Doi.Org/10.32832/Jpg.V2i1.4099
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.30736/Atl.V4i1.120
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 189–196. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V10i3.15275
Safarudin, R., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.
Sari, R. K., Mudjiran, Fitria, Y., & Irsyad. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1735 ISSN
Sopiansyah, D., Masrurh, S., Zaqiyah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Sulistyaningrum, A. N. B., Nurulita, A. N., Januar, D. R., & Hilalia, N. N. (2022). Performanc Of The Independent Campus Policy In Certified Internship And Independent Study Programs. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2771–2786.
Ulfah, & Arifudin, O. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 9–16. Http://Ojs-Steialamar.Org/Index.Php/JAA/Article/View/95/59
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35. Https://Ejournal.Iahntp.Ac.Id/Index.Php/Satya-Sastraharing
Zuhairi, Yuniasih, E., Wahyuni, S., & Purwasih, A. (2022). Pendampingan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Digital Bagi Guru Sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42–48. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.32332/Jpm.V3i2.1513
Zuhri, A., Sari, R. P., Oktavinanda, G., Sitompul, S. J., Anggriawin, M., & Pratama, A. (2022). DISEMINASI BUKU PANDUAN MAGANG KEPADA MAHASISWA DALAM MENUNJANG KEBIJAKAN MBKM KEMDIKBUDRISTEK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1183–1190.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.