MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENENDANG BOLA DENGAN KAKI BAGIAN LUAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VII SMP N GWAMAR DOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menendang bola menggunakan kaki bagian luar pada siswa SMP N Gwamar Dobo.”Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketercapaian hasil belajar keterampilan menendang bola dengan kaki bagian luar oleh siswa pun nampak mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yang dapat di lihat pada perbedaan atau perbandingan hasil belajar yang di alami oleh siswa. Hasil belajar pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas dalam proses pembelajaran sebesar 48 % sedangkan yang tuntas sebesar 52 %, sedangkan pada siklus ke 2 siswa yang tidak tuntas sebesar 10,7 % dan siswa yang tuntas sebesar 87,5. Dari hasil tersebut maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penggunaan Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT untuk meningkatkan kemampuan menendang bola dengan kaki bagian luar pada siswa kelas VII SMP N Gwamar Dobo sudah maksimal dan baik terhadap hasil pembelajaran sepak bola.
Downloads
References
Abdul Rohim, (2008). Dasar-Dasar Sepak Bola. Demak : Aneka Ilmu.
A.M Bandi Utama. (2011). Pembentukan Karakter Bermain Anak Melalui Aktivitas Bermaian Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Olahraga. FIK. UNY.
A. Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Abin, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Adang, Suherman. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Arikunto, dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bahagia, Y. (2012). Atletik. Jakarta, Depdiknas. Dimyanti & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran mengajar konten dan keterampilan berfikir. Jakarta: Indeks.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hoedaya, D. (2011). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Depdiknas.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperaatif, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juliantine, dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Prodi PJKR Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.
Junaidi, I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran ”TGT” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konep Klasifikasi Inverebrata bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Kesesi Tahun Pelajaran 2006/2007.
Kurniasih, I & Sani, B. (2014). Teknik & Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas.
Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Saco. (2016). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta.
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.