MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI RA NURUL IKHSAN MELALUI KEGIATAN MEMBATIK ECOPRINT

  • Sulastri Agustini Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
  • Redi Awal Maulana Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
  • Elnawati Elnawati Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
Keywords: kreativitas, anak usia dini, membatik ecoprint

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kreativitas anak usia dini 4-5 tahun RA Nurul Ikhsan yang termasuk rendah. Kondisi tersebut harus diperbaiki sehingga kreativitas anak akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini 4-5 tahun di RA Nurul Ikhsan melalui kegiatan membatik ecoprint. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelas A usia 4-5 tahun RA Nurul Ikhsan yang berjumlah 15 orang. Data dikumpukkan melalui observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis degan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan membatik ecoprint dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini 4-5 tahun di RA Nurul Ikhsan. Setelah dilakukan kegiatan membatik ecoprint, kreativitas anak usia dini RA Nurul Ikhsan semakin baik yang ditandai dengan (1) anak dapat membuat pola gambar dengan lancar saat membatik ecoprint, (2) anak dapat menghasilkan ide yang bermacam-macam, (3) anak dapat membuat karya hasil implementasi ide sendiri, (4) anak mampu mengembangkan ide melalui menciptakan hasil karyanya sendiri, dan (5) anak sering mengajukan pertanyaan saat membatik ecoprint. Pada pra siklus, nilai rata-rata persentase yang diperoleh adalah 60% masuk dalam kriteria mulai berkembang (MB), kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,33% masuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 86,67% masuk dalam kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arika, & Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 11–21.
Dachi, F. D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran di TK My Little World School Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, X(3), 271–277.
Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., & Rahmawati, H. K. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. Indramayu: Penerbit Adab.
Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Loose Part. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–73. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Handayani, W. W., Pramudyani, A. V. R., & Setiyawati, F. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mengecap dengan Berbagai Media pada Kelompok B Di TK Tabitha Bambanglipuro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 398–408.
Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 625–630.
Kasih, D. (2021). Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Salsabila Darunajah Bekasi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 21–35. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5334
Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi, dan Masyarakat., 183–187.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Ningsih, S. Y., & Mayar, F. (2019). Pembelajaran Batik Dari Wortel Sebagai Alternatif Teknik Membatik Sederhana Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1403–1407.
Nuraeni, D., & Westhisi, S. M. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Memercik pada Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2), 153–161.
Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10.
Rahmawati, S. E., Sutama, S., Sutopo, A., Fuadi, D., & Minsih, M. (2022). Proses Pembelajaran Tematik Blended Berbasis Youtube Era Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7007–7019. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2993
Rosalia, A., & Wahyuningsih, M. B. R. (2023). Pengembangan Profil Pembelajar Knowledgeable dan Kreativitas Siswa TK A Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4531–4542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.1140
Safitri, N. F., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 403–409. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1181
Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.
Shoit, A., & Masrukan. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment. Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS), 4, 37–48.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Waluyo, L. A. S., Srimulyani, V. A., & Rustiyaningsih, S. (2019). PKM Kerajinan Batik Ecoprint Dan Tie Dye di Kota Madiun Dan Ponorogo. ASAWIKA: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 4(02), 1–5. https://doi.org/10.37832/asawika.v4i02.4
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Widiastuti, T., Musi, M. A., & Rahmatiah, R. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Kegiatan Mengecap Menggunakan Pelepah Pisang di TK Siwidhono Kab. Ngawi Jawa Timur. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 66–76.
Yuandana, T. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 99–109.
Published
2025-04-20