MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD HIJAIYYAH

  • Hilmiyah Adawiyah Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
  • Elnawati Elnawati Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
  • Alfian Ashshidiqi Poppyariyana Prodi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Indonesia
Keywords: huruf hijaiyyah, flashcard, anak usia dini

Abstract

latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak usia dini 4-5 tahun di RA Banu Ahyan 2 dalam mengenal huruf hijaiyyah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak usia dini RA Banu Ahyan 2 dalam mengenal huruf hijaiyyah dengan menggunakan media flashcard hijaiyyah. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia dini kelas A RA Banu Ahyan 2 yang berjumlah 20 orang anak. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 44 dan masuk dalam kriteria mulai berkembang (MB). Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65 dan masuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II, kemampuan anak usia dini di RA Banu Ahyan 2 mengalami peningkatan kembali menjadi 94 dan masuk dalam kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 39 dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 29. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard hijaiyyah dapat meningkatkan kemampuan anak usia dini 4-5 tahun di RA Banu Ahyan 2 dalam mengenal huruf hijaiyyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1450–1455.

Artati, R. (2024). Penerapan Selected Response Assessment di Madrasah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. EDU RESEARCH, 5(1), 91–97. https://doi.org/10.47827/jer.v5i1.159

Asfiyaturrofiah, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Media Flash Card pada Anak Kelompok A Di RA Al Huda, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. E Journal Mahasiswa PG PAUD, VII(3), 1–6.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Fatimaningrum, A. S. (2021). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2), 1–12.

Iqromah, F. (2018). Identifikasi Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Hijaiyah di TK Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 11–24.

Kamilia, I. R., & Miftahillah. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Flash Card Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Kelompok A di RA Al Ishlahiyyah Desa Sambisirah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Proceeding the 5th Annual International Conference on Islamic Education Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto, 191–201.

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM, VII(1), 91–96.

Munafiah, N., & Lukman. (2023). Lembaga Pendidikan Formal Anak Usia Dini di Indonesia: Mengenal TK, ABA, dan RA. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–81.

Ni’mah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini dengan Media Pembelajaran Audio Visual Android Di KB Al Muna Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas PGRI Semarang, Semarang.

Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69.

Priadana, H. M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Book.

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Rizkiati, Nurtiani, A. T., & Muzakir, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Anak Kelompok B di PAUD Subulussalam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–13.

Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061

Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-model dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Syahrizal, H., Sukarno, S., & Muntholib, A. (2021). Media Bergambar untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Mitra As-Shibyan: Jurnal pendidikan dan Konseling, 4(1), 59–70.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Published
2025-04-20