KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FIQIH

  • Marlizayani Marlizayani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Indonesia
  • Chanifudin Chanifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN), Indonesia
Keywords: Kurikulum, Pendidikan Islam, Fiqih

Abstract

Dalam pendidikan dewasa ini, tantangan besar timbul mengenai penetapan materi yang harus diajarkan dan cara penyusunannya. Nilai-nilai yang akan diterapkan dan strategi penyusunan kurikulum menjadi aspek yang sangat penting bagi para perencana pendidikan. tantangan dalam penyusunan kurikulum pendidikan, terutama dalam menghadapi tekanan dari pendidikan modern dan sekuler, serta tradisi pembelajaran Islam. Penetapan materi yang diajarkan dan cara penyusunannya sangat penting bagi perencana pendidikan. Kurikulum harus didesain untuk membantu siswa memahami dunia dan peran mereka di dalamnya, mendorong mereka menemukan koneksi yang lebih luas dalam proses belajar. Penyusunan kurikulum juga harus berfokus pada tahap perkembangan alami anak didik, mencakup komponen-komponen penting untuk pembentukan kepribadian yang seimbang. Kurikulum berperan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sebagai panduan dalam pengajaran. Dalam konteks pendidikan Islam, kurikulum perlu dirancang untuk membentuk kepribadian peserta didik sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agil Husain Almunawar, Said, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2005.
Arifin, Syamsul. 2021. “Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Tentang Materi Pendidikan Agama Islam”. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. Vol. 2. No. 1.
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011 Dakir, H., Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004.
Hanafi, M. (2014). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam. Islamuna, 1(2), 282. Hamalik, O. (2016). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulida. 2021. “Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Kurikulum”, Bidayah: Studi Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 14. No.2.
Munir, M., & Jannah, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Solusi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Academia Education, 03(2), 1-16.
Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam: Pada periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.Nisrofah, Siti; dkk. 2024. Living Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Nisrofah, Siti; dkk. 2024. Living Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar, 3(2), 41-54.
Nuzul, Dinda Amanda Ainun. 2023. "Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadits Tarbawi". JSTAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah. Vol. 02. No. 1.
Qolbi, Satria Kharimul dan Hamami, Tasman. 2021. “Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 4.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
Satrisno, Hengki. 2018. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Samudra Biru.
Sidik, F. (2016). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Irfani, 12(1), 100-114.
Sisdiknas, U. (n.d.). Undang-Undang Sekretariat Negara RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Surawan dan Athaillah, Muhammad. 2021. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.
Syahril1, Al Munawar, Said Agil Husin dan Alwizar. 2022. "Pendidikan Ibadah dalam Perspektif Al-Qur'an". Jurnal An-Nur. Vol. 11. No. 1.
Syaodih, Nana, Sukmadinata, Pengem-bangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 135.
Widodo, Hendro. 2023. Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: UAD PRESS.
Zaman, M. K. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan. Edupedia, 3(2), 149 155 Zuhairini, & Ghafir, A. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.
Published
2025-04-21