EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AVISCA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SDN TAMANSARI 03
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN Tamansari 03 setelah menggunakan model pembelajaran problematik dengan media avisca. Penelitian ini menggunakan desain group pre-test and post-test dan subjek yang digunakan adalah 18 siswa SDN Tamansari 03 IV. Penelitian ini memuat temuan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media Avisca dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam konteks IPAS. Berdasarkan hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata berpikir positif siswa adalah 60,56. Terlihat bahwa nilai rata-rata siswa berada pada kategori rendah. Setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media avisca diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 87,22. Peneliti menemukan bahwa rata-rata post-test berpikir positif siswa lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pre-test. Permasalahan ini menurut banyak artikel bahwa model pendidikan permasalahan dengan media sosial dapat meningkatkan keterampilan siswa, karena siswa lebih giat dalam belajar. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai tingkat kemampuan berpikir yang lebih tinggi.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.