PENGARUH METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA STICKY NOTES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping berbantuan media sticky notes terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Dalam penelitian ini, digunakan penelitian berbentuk Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh sig. 0,200 > 0,05 dan kelas kontrol diperoleh 0,056 > 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Hasil analisis uji homogenitas diperoleh nilai Sig. 0,075 > 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa kedua kelas homogen. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t-test dengan diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan, adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode mind mapping berbantuan media sticky notes terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas IV SD.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.