PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN 3M UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Veronika Chandra Kirana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Nur Asyiah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Firliani Khotimah SD Sains Islam Al Farabi, Indonesia
Keywords: Cooperation, Project Based Learning, 3M

Abstract

Kerja sama merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan sejak dini untuk mendukung keberhasilan akademik dan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan 3M (Moral Knowing, Moral Feeling, dan Moral Behavior). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan 3M dalam penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika dengan materi pola gambar di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Sains Islam Al Farabi yang berjumlah 26. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa pada tahap pra-siklus, rata-rata kerja sama peserta didik berada pada kategori rendah dengan persentase 35%. Setelah diterapkan model PjBL dengan pendekatan 3M pada siklus 1, terjadi peningkatan menjadi 51% dalam kategori cukup. Pada siklus 2, persentase kerja sama peserta didik meningkat signifikan hingga 81%, masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan pendekatan 3M berkontribusi terhadap peningkatan kerja sama peserta didik, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan skor observasi kerja sama dari pra siklus hingga siklus 2. Pembelajaran berbasis proyek tidak hanya membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas akademik, tetapi juga membentuk kebiasaan bekerja sama secara aktif, bertanggung jawab, saling menghargai dalam kelompok dan komunikasi yang efektif dalam kelompok. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter kerja sama peserta didik di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-21