PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBASIS INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL ULUM KABUPATEN LUWU TIMUR
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan di MTs Miftahul Ulum masih menggunakan metode konvensional yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik di bawah KKTP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil peserta didik melalui model Learning Cycle 5E Berbasis Inquiry dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Ulum. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Miftahul Ulum yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Tanggart. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dari hasil tes peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui Learning Cycle 5E Berbasis Inquiry pada siklus I mendapat nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 67%, dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata 84 dan persentase ketuntasan 89% dan pada aktifitas peserta didik menunjukan peningkatan yang positif. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Learning Cycle 5E Berbasis Inquiry dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Al-Hamdany, M. Z. (2024). Optimizing Aqidah and Akhlak Education : Development of E-Module for 7th Grade Students in Islamic Junior High. 1(2), hal. 75. https://doi.org/10.58230/edutech.v1i2.8
Amin, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Nilai- Nilai Religiusitas Peserta Didik di MTs Al-Muhaimin Palopo. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 400–408. https://doi.org/https://doi.org/10.59689/incare.v3i4.502
Hasriadi. (2023). Teknik Pemeliharaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pendahuluan. Sinestesia, 13(1), 225–232. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/316
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1429
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100–113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Istiningsih, G., L.A, E. M., & Prihalina, E. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, II(2), 94–103. https://doi.org/2637/2788
Jamisah, N. (2018). Efektifitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Kusnandar, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Gerak pada Manusia. … : Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan …, 3, 70–87.
Parnawi, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Rahmah, N. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 91–102. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.105
Sudjana. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas, Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih:(Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 14(2), 201–209.
Wijaya, K., & Dedi, D. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.