STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MEMPENGARUHI KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS XI MP 3 SMK NEGERI 2 KAB.TANGERANG
Abstract
Tujuan Penelitian guna memperoleh informasi apakah Starategi pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa Kelas XI MP di SMK Negri 2 Kab. Tangerang dengan bantuan pembelajaran PBL. Kemudian dibedakan antar kelas Eksperimen dan kontrol. Kelas Eksperimen menggunakan Strategi Diferensiasi yang di berbantukan Metode PBL dan kelas control menggunakan metode konvensional. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Penelitian ini di laksanakan bulan November Tahun 2024 Pada Mata Pelajaran OTKP, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MP SMK Negri 2 Kab. Tangerang yang terdiri dari XI MP 3 sebagai kelas Eksperimen dan XI MP 4 sebagai kelas control. Dalam penelitian ini data yang di kumpulkan menggunakan test akhir (Post test) yang di berikan kepada kelas eksperimen dan kontrol dengan soal 16 PG 3 Essay. Data statistic yang di peroleh berupa uji normalitas, homogenitas, dan independent test yang di olah menggunakan SPSS 26 Berdasarkan hasil uji Hipotesis independent tersebut di peroleh nilai Signifikansi (2-Tailed) sebesar 0.001.
Oleh karna itu, nilai signifikansinya < 0,05 Sehingga dapat Di Simpulkan bahwa Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Problem Based Learning terhadap Kesiapan Belajar Siswa Kelas XI MP di SMK Negri 2 Kab.Tangerang
Downloads
References
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Adolph, R. (2016). Strategi Diferensiasi. 4(4), 1–23..
Aguanda, Setiawan, A., Anwar, M. S., Wardana, M. R. F., & Yambasu, R. A. (2023). The Effect of Differentiated Learning on Improving Student Learning Outcomes. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 46–50. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i1.199
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.
Amurdawati, G., Suyatno, Pambudi, D. I., Wantini, & Hendrik, M. (2020). Analysis on Students’ Learning Readiness in Junior High Schools of Pangkalpinang, Bangka Belitung. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 3807–3813. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080903
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Caballero, T. R., Babia, J. P., Alaras, L. G., & Abadiano, M. N. (2022). Differentiated Instruction with Interactive Multimedia: Based on Pupils’ Readiness Level in Mathematics 6 Mark Abadiano. Journal of Positive Psychology & Wellbeing, 6(2), 1478–1487. http://journalppw.com
Delacre, M., Lakens, D., & Leys, C. (n.d.). Why Psychologists Should by Default Use Welch’s t-test Instead of Stud ent’s t-test. International Review of Social Psychology, 30(1), 92–101. https://doi.org/10.5334/irsp.82
Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827
Dian Fitriani, Fatihatunnisa Ridha Rahman, Anti Dhamayanti Fauzi, Anisa Umu Salamah, & Asep Saefullah. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 1–12. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358
Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Elisabeth Tri Yekti Handayani, Siti Nursetiawati, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3360401
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
H., D., & A., V. (n.d.). The Effect of Nonnormality on Student’s Two-Sample T Test.
Juliasih, J., Arwen, D., & Perdiansyah, F. (2024). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(4), 626–641. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.310
Morgan, H. (2014). Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 87(1), 34–38. https://doi.org/10.1080/00098655.2013.832130
Mulyawati, Y., Zulela, M., & Edwita, E. (2022). Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4485
N., K., Jimin, L., Susan, R., D., P., Sara, G. R., & R., Y. (n.d.). A Methodology for Appropriate Testing When Data is Heterogeneous Using EXCEL.
Putranti, N. A., Nur, M., & Maksum, R. (2024). Implementation of Differentiated Learning Methods in Increasing Student Learning Motivation at SMPN 23 Surakarta. Jurnal Kependidikan, 13(1), 947–952. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/15116/5913
Saepuloh, D., & Ekonomi, P. (2013). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum (Studi Kasus pada SMK Lab Business School Tangerang). 2013(May), 33–50.
Saepuloh, D., Sabur, A., Lestari, S., & Mukhlishoh, S. U. (2021). Improving Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy by Learning Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning Models. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 495. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31029
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(November), 33–37.
Sari, E. A., & Wahidin, W. (2023). Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 664–678. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.187
Sitorus, P., Simanullang, E. N., Manalu, A., Laia, I. S. A., Tumanggor, R. M., & Nainggolan, J. (2022). Effect of Differentiation Learning Strategies on Student Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2654–2661. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2114
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 53–62.
Tamara, F., Yusnita, Y., & Ermayanti, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 71–81. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771
Tomlinson, C. A., Brighton, C., Hertberg, H., Callahan, C. M., Moon, T. R., Brimijoin, K., Conover, L. A., & Reynolds, T. (2003). Differentiating instruction in response to student readiness, interest, and learning profile in academically diverse classrooms: A review of literature. Journal for the Education of the Gifted, 27(2–3), 119–145. https://doi.org/10.1177/016235320302700203
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Zheng, L., Diamond, J. M., & Denton, D. L. (n.d.). Evaluation of whole effluent toxicity data characteristics and use of Welch’s T‐test in the test of significant toxicity analysis. Environmental Toxicology and Chemistry, 32(2), 468–474. https://doi.org/10.1002/etc.2075
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.