IMPLEMENTASI MODEL CLASSROOM COMMUNITY PARTNERSHIP (CCP) BERBASIS BUDAYA UKMU MORITARI SOLILAKTADALAM MENINGKATKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA SD KRISTEN JERILI KECAMATAN TEON NILA SERUA

  • lisye Salamor Prodi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan - FKIP Unpatti
  • Nathalia Yohanna Johannes PGSD FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Yoan Liliefna PGSD FKIP Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Model CCP, Budaya Ukmu Moritari Solilakta, Pembelajaran PPKn, Sekolah Dasar

Abstract

Budaya Ukmu Moritari Solilakta sebagai bagian yang terintegrasi  dalam kehidupan Masyarakat di TNS, merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Perkembangan global dengan interaksi masyarakat yang berorietasi pada media virtual, menjadi ancaman bagi budaya tersebut. Pelembagaan melalui proses internalisasi dalam pembelajaran PPKn dengan  model pembelajaran Classroom Community Patnership (CCP) Pada siswa SD Kristen Jerili. Dengan menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas, Pada Tahapan hasil Uji Coba telah menggambarkan peningkatan secara signifikan. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, Melalui Penggunaan Model Pembelajaran CCP, Hasil belajar Siswa SD Kristen Jerili dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borg, W.R., & Gall, M.G. (1983). Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Cambridge, MA: Harvard University Press
Danim Sudarwan. (2003). Agenda pembaharuan sistem pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Dokumen Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dokumen Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dwi Wahyudiarto. 2005. Kapita Selekta Budaya. Surakarta: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.
Epstein, J. L. (1995). School/family/community partnerships: Caring for the children we share. Phi Delta Kappan, 76(9), 701-712.
Hill. (2011). Theories of Learning. Harper Collins Publisher
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.
Lisye Salamor. (2015)Implementasi model CCP dengan melibatkan orang tua sebagai sumber belajar. Jurnal Hipkin Volume.05.No.2.
Lisye Salamor. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Classroom Community Partnership (CCP) Untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Sosial (Social Cognitive Skills) Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Pada Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ormrod, Jeanne Ellis. (2008) Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga
Poerwanto, H. (2000). Kebudayaan dan Lingkungannya dalam PerspektifAntropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (IKAPI).
Ritzer, George & Goodman, Douglas J. (2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Gramedia.
Ritiauw Samuel Patra, Maftuh B, Malihah E. (2018). Model of Conflict Resolution Education Based On Cultural Value of Pela in Social Studies Learning. 1 st International on Social studiess Education (ICSSE 2017). Atlantis Press.
Sztompka, Piotr.(2007). Sosiologi Perubahan Sosial, Penerjemah oleh Alimandan. Jakarta: Prena
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang diungkapkan Dorji Comissi UNESCO pada
Van der Veer, R. (2007a). Lev Vygotsky. London: Continuum
Van der Veer, R. (2007a). Lev Vygotsky. London: Continuum
Vigotsky, L.S. (1978). Mind in Society. Cambridge: Harvard University Press
Vygotsky, Lev Semenovich (1896-1934), MIA: Encyclopedia of Marxism: Glossary of People, http://www.marxists.org/glossary/people/v/y.htm
Published
2020-05-04