PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
The problem of this research is the low PPKn learning outcomes of class III students at SD Negeri 1 Metro Utara. The aim of the research is to determine the positive influence of the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model assisted by spinning wheel media on the PPKn learning outcomes of elementary school students. This type of research uses quantitative research with quasi-experimental methods and research design using non-equivalent control group design. The population of this study was 87 students and the sample was 58 students. Determination of the sample using purposive sampling technique. Data collection techniques use tests in the form of pretests and posttests and non-tests in the form of observations. Data were analyzed using simple linear regression. The results of the research are that there is an influence on the application of the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model assisted by spinning wheel media on the PPKn learning outcomes of class III students at SD Negeri 1 Metro Utara.
Downloads
References
Akbar Syafruddin, M., dan YPUP Makassar, S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 05(1), 52–58.
Alamsah, G., Sadiah, A., dan Nurdianti, R. R. S. 2023. Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Global Education Journal, 1(3), 219–229. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.177
Apriliani, M. A., Nurhasanah, N., dan Maksum, A. 2022. Hubungan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar PPKn Kelas IV SDN Kecamatan Bekasi Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 214–227. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21831
Aritonang, I. B., Martin, R., dan Akbar, W. 2021. Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–14.
Astuti, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 003 Tembilahan Hulu (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan).
Azhari, U. L., dan Kurniady, D. A. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Badriyah. 2015. Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.
Buhari, B. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 57–68. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.290
Fadil, K. 2023. Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411
Fiqhi, I. A., Mesterjon, M., & Susanto, E. (2023). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA HASIL BELAJAR SISWA. Computer and Informatics Education Review, 4(01), 1-6.
HAPIT, P. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 5 Metro Timur. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung., 3(1), 19–27.
Hasanah, N. 2015. Dampak Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga. Inferensi, 9(2), 445. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.445-466
Irwan, I., dan Hasnawi, H. 2021. Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Meilandari, A., Loliyana, L., Perdana, D. R., dan Surahman, M. 2023. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1441–1450. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4820
Mukhlisotin, F. A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 214. https://doi.org/10.17977/um019v7i1p214-227
Nabillah, T., dan Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nadiroh, N., Zulfa, V., dan Yuliani, S. 2021. Learning transformation of the 21stcentury curriculum for prospective teacher in term of eco-literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 802(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/802/1/012009
Pada, T., Pelajaran, M., Di, I. P. A., dan Dasar, S. 2021. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tgt ( teams games tournament ) pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar 1),2). 104–111. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., dan Hilir, A. 2023. Belajar dan Pembelajaran PT. Mifandi mandiri digital.
Perdana, D. R., dan Mujiati, I. 2022. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 51–58. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i4.510
Prahesti, S. I., dan Fauziah, S. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahmawati, A., Ismaya, E. A., dan Roysa, M. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 283–296. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.321
Rozi, F., Marpaung, J. B., dan Erwianti, A. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn melalui Pembelajaran Kooperatif STAD. Prosiding …, 1–7. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/350
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RdanD (p. 329). Alfabeta, Bandung.
Tiara Febriani Harahap, dan Zainal Efendi Hsb. 2024. Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468
Yahya, A., dan Bakri, N. W. 2019. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.