PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA: IMPLEMENTASI MODEL PJBL MENGGUNAKAN PRINSIP UBD MATA PELAJARAN IPAS DI SDN RONGGOMULYO 1 TUBAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model PjBL melalui pendekatan UbD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Ronggomulyo 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Proyek pembuatan replika tangan menjadi fokus untuk mempelajari konsep IPAS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, kualitas produk unjuk kerja, serta pemahaman konsep dari siklus pertama hingga kedua. Penerapan PjBL dengan UbD terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 di lingkungan sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan pendekatan UbD mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada setiap siklusnya dibuktikan dengan persentase peningkatan 17% pada siklus 1 dan 18% pada siklus 2.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.