PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA: IMPLEMENTASI MODEL PJBL MENGGUNAKAN PRINSIP UBD MATA PELAJARAN IPAS DI SDN RONGGOMULYO 1 TUBAN

  • Zulfa Mukhlisul Habibiyah Prodi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban, Indonesia
  • Saeful Mizan Prodi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Ronggolawe, Tuban, Indonesia
  • Rochminah Rochminah UPT SDN Ronggomulyo, Tuban, Indonesia
Keywords: PjBL, UbD, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model PjBL melalui pendekatan UbD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Ronggomulyo 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Proyek pembuatan replika tangan menjadi fokus untuk mempelajari konsep IPAS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, kualitas produk unjuk kerja, serta pemahaman konsep dari siklus pertama hingga kedua. Penerapan PjBL dengan UbD terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 di lingkungan sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan pendekatan UbD mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada setiap siklusnya dibuktikan dengan persentase peningkatan 17% pada siklus 1 dan 18% pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-23