PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Puji Lestari Program Studi PGSD, Universitas Lampung, Indonesia
  • Deviyanti Pangestu Program Studi PGSD, Universitas Lampung, Indonesia
  • Dayu Rika Perdana Program Studi PGSD, Universitas Lampung, Indonesia
  • Nelly Astuti Program Studi PGSD, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Berpikir Kritis, Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan STEM

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis pendekatan STEM (Science,Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik purposive samplingdengan jumlah sampel sebanyak 54 orang peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS antara kelas ekspeirmen dan kelas kontrol peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat tahun pelajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-23