KONTRIBUSI MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN

  • Ridwan Hatala Prodi Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pattimura
Keywords: Musyawarah Kelompok Kerja Guru (KKG), Motivasi Kerja dan Kemampuan Merencanakan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar kontribusi pelaksanaan musyawarah Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Motivasi Kerja Guru sebagai variabel bebas terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran  sebagai variabel terikat baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah khususnya terhadap guru-guru SD yang yang aktif sebagai anggota KKG pada Gugus Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.  Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional.

Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa  pelaksanaan Muswawarah Kelompok Kerja Guru (KKG)  memiliki Hubungan yang berarti (signifikan) dengan kemampuan merencanakan pembelajaran. Hubungan ini terlihat dari angka korelasi   (ry.1) = 0,502  dengan koefisien diterminasi sebesar   0,2521 pada taraf     a = 0,05.  Pengujian hipotesis kedua juga menunjukkan bahwa motivasi kerja mempunyai Hubungan yang berarti  terhadap kemampuan merencanakan pembelajaran. Hubungan ini terlihat dari angka korelasi   (ry.2) = 0,609  dengan koefisien diterminasi sebesar   0,3718 pada a = 0,05.  Hasil pengujian hipotesis ketiga, pelaksanaan KKG dan  motivasi kerja secara bersama-sama mempunyai hubungan yang berarti terhadap kemampuan merencanakan  pembelajaran. Besarnya hubungan tersebut ditunjukkan oleh koefisien korelasi  r  sebesar 0,703 dengan uji F, di mana F hitung 15,816 > F tabel 3,3403   pada taraf     a = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. Suharsimi. (1996). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
----------- (1996). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta.
Bandura. (1977). Self-efficacy : Toward a unifying theory of behavioral change/ Psychological review.
Bloom, Benyamin. S,. (Eds). (1980). The New Direction in Edicational Research : Alternatif Variables. Phi Delta Kappan.
Chaplin, W. G. (1989) Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan. Jakarta : Rajawali.
Cochran, Wiliam, G. (1974). Sampling Techniques. New Delhi : Eastern Privade Limited. York.
Dharma. Agus, (1985). Manajemen Prestasi Kerja : Pedoman Praktis Bagi Para Penyedia Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja: Jakarta, Rajawali.
Depdikbud, (1984). Buku Petunjuk Administrasi Program Pengajaran Sekolah Dasar. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
----------,(1996). Buku Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
---------, (1994/1995). Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
---------, (1996/1997). Pedoman Pembinaan Profesional Guru sekolah Dasar. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
---------- , (1997). Pengenalan Terhadap Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) : Rencana Pengajaran. Jakarta : Proyek pengembangan Pendidikan guru
Dick, W dan Carey, L. (1985). The Systematic Design of Instruction. Secon edition. Chicago : Rand Mc Nally College Publishing Company.
Effendy, O. U. (1989). Psikologi Manajemen Administrasi. Bandung: Mandar Maju.
Imron, Ali. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta : Pustaka Jaya.
Jasin, Anwar. (1996). Pembelajaran Efektif. Jakarta : Grasindo.
Kemp, Jerrol. E. (Terjemahan Asril Marjohan). (1994). Proses perancangan pengajaran. Bandung : Penerbit ITB.
McCelland, David. (1995). Bussiness drive and national achievement. New
York: Harvard Businees Review
Moekijat. (1988). Asas-asas Perilaku Organisasi. Bandung : Mandar Maju.
Mudjito, (1988). Manajemen Sekolah Dasar : Jati bening dua : Inti buku utama.
Maizuar. (1997). Kemampuan Mengajar Guru STM di Sumatera Barat. Jakarta : Disertasi. Program Pascasarjana IKIP Jakarta.
Sudjana. (1982). Metode Statistik Bandung: Tarsito.
Sunyoto, A. (1995). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Badan Penelitian IPWI.
Suciati dan Irawan, P. (1993). Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Untuk Dosen Muda. Suplemen 1. Dikti Depdikbud.
Sardiman. (2000). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sanusi. A. dkk. (1991). Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung : Depdikbud IKIP.
Udai, Preek. (1984). Prilaku Organisasi. Jakarta: Binaman Pressindo.
Winardi, (1996). Manajemen Supervisi. Bandung: Mandar Maju.
Published
2019-10-02