PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan rendahnya tingkat hasil belajar peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media Quizizz terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan studi dokumen. Populasi penelitian sebanyak 55 peserta didik dan sampel yang yang diambil meliputi 28 peserta didik kelas IV A (kontrol) dan 27 peserta didik kelas IV B (eksperimen). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang termasuk dalam kategori non probability sampling. Analisis data menggunakan uji t dan diperoleh nilai thitung (7,6770) > ttabel (1,6746). Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya.
Downloads
References
Almaida, Y., Tias, I. W. U., Azizah, A. L., dan Nurwahidin, M. (2024). Analisis Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah Metro Pusat. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 117–124.
Destiani, Profithasari, N., Saputra, D. D., Tias, I. W. U., and Azizah, A. L. (2024). From Design to Evaluation: Authentic HOTS Reading Literacy Instruments with Quizizz Paper Mode. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(03), 145–163.
Hidayati, N. (2022). Pengaruh Quiziz dengan Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1–10.
Kulsum, Umi. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Mayasari, A., Arifudin, O., dan Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Mira, M., Sabilah, A., Royani, S., Sopiah, S., Sahriani, S., Rahmi, R., Sonang Siregar, P., dan Marta, E. (2021). Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 351–357.
Nurwahidin, M., Izzatika, A., Perdana, D. R., Haya, A. F., dan Meilandari, A. (2024). Pengaruh Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 17–23.
Putri, N. A., Sapri, S., dan Siregar, L. N. K. (2024). Pengaruh Penggunaan Paper Mode Berbasis Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDIT Khairur Rahman. Jispendiora: Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 232–243.
Sari, M. P., dan Rini, R. (2023). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor Sekolah Dasar. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 457–464.
Wijayanti, I., dan Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.