PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON

  • Rivaldo Paul Telussa Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Penyelenggaraan Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat, 2) mengetahui pengelolaan partisipasi masyarakat, 3) mengetahui faktor penghambat partisipasi masyarakat dan 4) mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian dilakukan di SMP Negeri di Kecamatan Sirimau Kota Ambon dari bulan Maret-Juni 2018. Objek penelitian berjumlah 12 orang.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bentuk partisipasi tenaga dan material tidak terlihat di SMP Negeri 4, sedangkan bentuk tenaga, finansial, material, ide dan gagasan terlihat di keempat SMP Negeri. Dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program dari keempat SMP Negeri terlihat. Faktor penghambat partisipasi pada keempat SMP Negeri adalah finansial dan waktu. Upaya meningkatkan partisipasi yang dilakukan dari keempat SMP Negeri yaitu terlihat dengan keterlibatan orang tua dan komite sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benty, N.D.D & Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. UM Press. IKIP Malang
Bogdan C. Robert dan Sari Knopp Biklen. 2007. Qualitative Reseach For Education An Introduction To Theories and Method. Boston Syaracuse University, Pearson)
Depdiknas. 2005. Acuan Operasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah. Jakarta: Ditmandiknasmen. Depdiknas.
Depdikbud. 2002. Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta: Dit.PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Mansyur. 2010. Strategi Membangun Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan Islam. (online), http://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id. Diakses pada tanggal 10 Jauari 2015
Moleong, Lexy, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Ramaka Rosdakarya Offset
Siti Irene Astuti D. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suriansyah, A. 2001. Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat. Diktat Bahan Kuliah pada Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Unlam. Banjarmasin: FKIP Unlam
Suryosubroto. 2001. Humas Dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru, Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Warren, M., Hong, S., Rubin, C., & Uy, P. 2009. Beyond the bake sale: A community-based relation approach to parent engagement in school. The Teacher College Record, 111 (9), 2209-2252.
Wuriyanto, A.B. 2007. Peran Serta Masyarakat, (online), (http:unila.ac.id. diakses 8 Januari 2013)
Published
2019-10-18