PENGARUH METODE SILABA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini terjadi karena kurangnya kemampuan menulis tahap awal pada siswa kelas rendah khususnya siswa kelas 1 SD. Kurangnya kemampuan menulis permulaan pada siswa juga disebabkan oleh minimnya mekanisme dan media yang dipakai pengajar. Sebuah contoh mekanisme dan media yang mendukung pada pembelajaran menulis permulaan adalah metode silaba dengan berbantuan media flashcard. Riset ini dimaksudkan guna memahami efek metode silaba berbantuan media flashcard mengenai kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Harapan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif beserta design penelitian One Group Pre-test Post-test. Sampel yang dipakai meliputi 23 siswa kelas 1 SD Harapan. Teknik pengoleksian informasi dengan tes tulis berupa pretest dan posttest yang dilakukan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Adapun pengkajian data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homgenitas dan uji hipotesis dengan jenis paired samples test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil signifikan uji t dengan nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.