Minat Belajar Siswa SD Negeri 202 di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua sebagai mitra guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara deskriptif. Penelitian ini melibatkan 10 orang tua siswa dan 14 siswa kelas III SD Negeri 202 Maluku Tengah. Teknik analisis data bersifat induktif melalui tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua untuk memberikan motivasi dalam meningkatkan minat belajar sangat baik. Setelah melalui tahap wawancara berdasarkan indikator yang pertama yakni peran orang tua sebagai motivator dengan presentase 80 % dengan demikian peran orang tua sangat penting guna meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil angket pada indikator pertama terhadap 14 orang tua dan 14 siswa, diperoleh rata-rata peran orang tua sebagai motivator sebesar 89.9% (kategori sangat baik) menurut persepsi orang tua, dan 82.6% (kategori baik) menurut persepsi siswa. Indikator kedua, diperoleh rata-rata peran orang tua sebesar 87.9% (kategori sangat baik) menurut persepsi orang tua dan 81.3% (kategori baik) menurut persepsi siswa. Indikator ketiga, diperoleh rata-rata peran orang tua sebesar 88.9% (kategori sangat baik) menurut persepsi orang tua dan 82.4% (kategori baik) menurut persepsi siswa.
Downloads
References
Abdul Wahib. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Anurrahman. Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.
Ahmadi dan Supriyono. (1991). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka cipta. Arikunto S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.
Akbar, 2011. Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya
Arikunto. (2013). Teknik Wawancara Bebas Terpimpin. 199. Direktori Bisnis 2021 Dinas Perdagangan,Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM. Kabupaten Karanganyar. Boiliu, F. M. (2021). Peran orang tua sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa pada pendidikan agama kristen. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 4(1), 247-255.
Dewi Astuti, 2013. Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak, Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora Vol. 4. No. 1. April 2013.
Emmy, 2008. Dasar-dasar Kependidikan, Medan: CV Gema Ihsani.
Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit.
Hermus Hero dan Maria Ermalinda Sni, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ira Miranti, dkk , 2017. Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak, Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 2, Nomor 1 Desember 2017.
Kartono Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Perkasa.
Kusuma Nugraheni Rarastiti, 2015. Pengaruh Peran Orangtua terhadap Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Sdse-Gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015, Jurnal Rarastiti%20 Kusuma 20 Nugraheni.
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549. _________. (2019, November). Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Efikasi Diri Mahasiswa Pgsd. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 3, No. 1, pp. 12-23).
Mahananingtyas, E., Ritiauw, S, P., Siahaya, A, M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V Sd Inpres 19 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8 (1), 24-37. DOI: https://doi.org/10.30598
Muhibin Syah,2010. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia Mustika, D. (2021). Peran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik di masa pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361-372.
Moleong, J.L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 476-482.
Purwanto, Ngalim, 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212. Wahidin, W. (2020). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under