Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Game Kartu Make A Match terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar karena model pembelajaran yang tidak variatif dan metode ceramah yang sering digunakan tidak meningkatkan semangat belajar siswa. Kurangnya penekanan motivasi peserta didik menyebabkan motivasi belajar sulit ditumbuhkan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran Make a Match memengaruhi keinginan siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain posttest only group. Dalam desain ini, dua kelompok diacak untuk mendapatkan perlakuan, akan ada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Dengan menggunakan quasi eksperimental dapat membadingkan motivasi belajar siswa yang menerima perlakuan dan mereka yang tidak menerima perlakuan. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa yang ada pada dua kelompok kelas, yakni kelas VA sebagai sebuah kelas eksperimen dan kelas VB sebagai sebuah kelas kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hasil keluaran pada nilai Sig. (2-Tailed) bernilai 0,016, dan karena nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis game kartu Make a Match memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Agrifina, V, F., Vrisilia, V., Agustina, L, N., Supriyadi., Izzatika., A. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 415-431
Djangi, M. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di …. … DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1286
Ellis, R., Diantra Sampe, P., Program, *, Bimbingan, S., Konseling, D., & Pattimura, U. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.
Ermita, E. (2021). Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Fitriani, A. A., Hidayat, F. A., & Suranti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 2(2), 17–21. https://doi.org/10.36232/basa.v2i2.2330
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/441
Kurniawan, M. I., & Agustin, R. D. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1140
Kusmiati, E., Kusnadi, D., & Latipah, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dalam memahami Konsep Hubungan …. Jurnal Tahsinia. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/36
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah. http://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17
Nuryadin, R., & Idawati, H. (2023). Model Pembelajaran Make a Match Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi …. ejournal.undiksha.ac.id. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/download/68244/28789/217563
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/450107/korelasi-antara-motivasi-belajar-dengan-hasil-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-i
Purnono, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Journal of Education and Religious Studies (JERS), 01(02), 53–57. http://journal.academiapublication.com/index.php/jers
Rachman, E. F., & Setiyawati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan …. http://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/287
Silalahi, T. M., Dabukke, B. E., & ... (2022). Pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa pada kelas III SDN 066652 Bakti …. Journal of Didactic …. https://www.mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jdm/article/view/1441
Tutiana, Y., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Coopertive Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2162–2169. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6928
Veronica, A., Abas, M., Hidayah, N., & ... (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT. Global Eksekutif …. repository.umi.ac.id. https://repository.umi.ac.id/1989/2/Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under