Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Media ICT Google Sites terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV SD

  • Silfia Marca Atika Apriliana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Amrina Izzatika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Deviyanti Pangestu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Nelly Astuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Fadhilah Khairani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Media ICT Google Sites, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis media ICT Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental group design dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 53 peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis media ICT Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro barat tahun ajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: UPT Uhamka Press.

Ennis, R. H. (1985). The Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills. National Inst. Of Education. Diambil dari https://pdfs.semanticscholar.org/80a7/c7d4a98987590751df4b1bd9adf747fd7aaa.pdf

Gesy, S. S., Basuki, A., Churiyah, M., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p188-201

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973

Johannes, N. Y., & Mahananingtyas, E. (2021). The Analysis of Critical Thinking Ability and Self-Effacement Toward Carousel Feedback Learning Model. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(1), 1-7.

Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 710–716. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Nadiroh, N., Zulfa, V., & Yuliani, S. (2021). Learning transformation of the 21stcentury curriculum for prospective teacher in term of eco-literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 802(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/802/1/012009

Pangestu, D., Mahardika, F. F., Lestari, Y. D., & Susanto, R. (2024). Pengaruh Model PBL Berbasis Media Video Terhadap Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik SD. Biochepy: Journal of Science Education, 4(2), 903–910. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1336

Permatasari, D. R., Suharto, V. T., & Lestari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Probelem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 561–570. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i2.365

Rofiqoh, A. R. A., Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i1.56928

Setianingsih, D., Yuli, T., Siswono, E., Terbuka, U., Surabaya, U. N., & Setianingsih, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web ( Google Sites) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Digital. Journal Elementary School Education, 8(2), 440–450. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i2.23179

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis.

Yanto, R., Waskito, W., Effendi, H., & Purwanto, W. (2023). Development of Web-Based Learning Media Using Google Sites in Vocational High School Informatics Subjects. Journal of Vocational Education Studies, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.12928/joves.v6i1.8027

Yonanda, D, P., Masfuah, S., Santoso, D, A. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Avisca Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Kelas IV SDN Tamansari 03. Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 288-302.

Published
2025-10-05