Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik lebih efektif dalam mata pelajaran IPAS, dan untuk melakukan ini, peneliti menggunakan model Quantum Teaching. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif karena masalah yang diteliti berkaitan dengan data secara kuantitatif melalui fakta-fakta yang dibuktikan melalui angka-angka dan fakta-fakta yang terjadi di lapangan melalui observasi dan analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan Pre test-Post test Control Group Design. Metode Quasi Experimen didasarkan pada gagasan bahwa ketika peserta didik terlibat dalam penelitian, mereka merasa seperti sedang mengerjakan pekerjaan rumah seperti biasa. Hal ini membuat penelitian lebih otentik dan alami. Dengan situasi seperti ini, kemungkinan besar akan berkontribusi pada validitas penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD Taman Asuhan. Keberhasilan kegiatan pembelajaran dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dari kegiatan tersebut yang menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai sebesar 73,4132%, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan nilai sebesar 54,4820%. Menurut penelitian, model pembelajaran Quantum Teaching sangat efektif dalam membantu siswa belajar. Sebaliknya, kelompok kontrol yang tidak menggunakan model ini ternyata tidak sesukses itu.
Downloads
References
Agus Nggermanto. (2024). Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum) Cara Tepat Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Secara Harmonis. Bandung : Nuansa
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basuki. (2021). “The Implementation of the Quantum Teaching Strategy with
Multiple Intelligence Approach at State Senior High School”. Jurnal International Journal of Recent Educational Research. Vol.2: hal. 73-85
Christian, dkk. (2020). “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 7 Ambon”. Jurnal Universitas Pattimura. Vol 1: hal. 10-15
DePorter, B. (2018). Quantum Teaching Memperaktekan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Gaung Persada
Miftahul. (2010). Quantum Teaching Buku Pintar dan Praktik. Jogjakarta: DIVA Press..
Muhibbin Syah. (2023). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ridha, dkk. (2021). “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol 5: 88-101
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sd/Mi. Jakarta : Litera Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under