Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar

  • Aris Purnama Putra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhisom Muhisom Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Deviyanti Pangestu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Rapani Rapani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar dan Wordwall

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SD N 4 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model discovery learning berbasis media aplikasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control gruop design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Populasi dan sempel penelitian ini sebanyak 34 orang. sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji Regresi Sederhana dengan hasil Fhitung > Ftabel, yaitu 6,605 > 4.54. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,021 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning berbasis media aplikasi wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD N 4 Metro barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8(2).

Pangestu, D. (2017). Pengembangan Lks Berbantuan Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Disertasi Doctor: Universitas Lampung.

Pramoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. NTB: Penerbit P4I.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Rahayu, I. T., Faiza Pramuswari, M., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. Dalam HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences (Vol. 01).

Safira, N., Rizky Amalia, A., Anjani, S. F., Mufadillah, E., Putri, M. A., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Game Wordwall Match Up dan Wordsearch Terhadap Kognitif Siswa SD Laboratorium Percontohan Upi Serang. Sap (Susunan Artikel Pendidikan, 8(1).

Sari, N. M., Khoirunnisa, Fitria, D., Fauziah, S., Rizkia, N. P., Hoiriyah, V. N., & Wasito, M. (2024). Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Sinaga, M, K., Corry., Sinuat, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Discovery Learning. Pedagogik: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 1-9.

Wahab, G., & Rosnawati, (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab

Published
2025-10-04