PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 5 AMBON
Abstract
Penelitian ini mengulas tentang penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan video pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Ambon. Penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dipilih sebagaialternatif pemecahan masalah karena Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat memungkinkan siswa dapat berperan secara aktif dalam pembelajaran. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat memadukan antara sains, teknologi serta isu sosial yang ada di sekitar kehidupan siswa, materi pembelajaran diambil dari sekitar siswa sehingga memungkinkan siswa mudah memahami materi pembelajaran. penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan video pembelajaran IPS untuk meningatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Ambon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan video pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 5 Ambon. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 62,33 % dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 79,33 %.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.