Analisis Upaya Guru Profesional dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Pinangsori
Abstract
Kepercayan diri dapat diartikan sebagai suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri yang menandai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara tepat. Guru PKN sangat berperan dalam pembentukan karakter percaya diri peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKN dalam membentuk kepercayaan diri (self confident) peserta didik di SMP Negeri 1 Pinangsori. Subjek penelitian ini terdiri atas Kepala sekolah, guru PKN dan peserta didik. Jenis penelitian ini kualitatif fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Guru PKN dalam membentuk kepercayaan diri (self convident) peserta didik di SMP Negeri 1 Pinangsori berjalan dengan sangat baik yaitu berperan sebagai sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, mediator, fasilitator, dan evaluator. Berkat peran dari guru PKN sehingga terbentuknya keterampilan komunikasi, ketegasan, penampilan diri, pengendalian perasaan, cinta diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas, dan pemikiran yang positif peseta didik. Walaupun ada sebagian peserta didik yang belum mampu bersikap tegas karena takut salah dan lebih memilih mengikuti kemauan orang tua.
Downloads
References
Abhicandra, Y. S. (2018). Rahasia Menjadi Memikat, Berpengaruh dan Percaya Diri di Segala Situasi. Yogyakarta: Araska
Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.
Alfiaz, H., Wati, S. P., Nurita, S. D., Langmui, S. A., & Ratnawati, V. (2024). Membangun Kepribadian Unggul: Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IX Melalui Teknik Shaping di SMP Negeri 2 Patianrowo. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 230–239. Retrieved from. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/4444
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133
Asih, W., Setiyoko, D. T., & Sunarsih, D. (2024). Pembentukan Karakter Melalui Peran Guru Untuk Mengantisipasi Kenakalan Peserta Didik Kelas V SDN Pasarbatang 03. ESTUDIAR: Jurnal Penelitian Multidisiplin Mahasiswa, 1(1), 51-68
Asmaroini, A. P. (2016). Peran Guru PKn dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Konferensi Nasional Kewarganegaraan Ke-II Penguatan Kajian Isu-Isu Aktual Kewarganegaarn Dalam Konteks Kependidikan Dan Non, 431-438
Elwin, F. P. N. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.56393/educare.v3i1.1100
Erayani, F. N., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1875–1884. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845
Harahap, K., & Surianti, S. (2023). Peranan Guru dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa di SMP Negeri I Angkola Barat. Jurnal Kewarganegaraan, 2(01), 16–25. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1676
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Karyati, E. (2023). Peranan Guru dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMPN 209 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3679–3686. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23010
Laia, A. (2023). Peran Guru PKN Sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 16-29
Mahananingtyas, E. (2016). Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 4 (1), 17-25. DOI: https://doi.org/10.30598
Mahananingtyas, E., Ritiauw, S, P., Siahaya, A, M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V Sd Inpres 19 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8 (1), 24-37. DOI: https://doi.org/10.30598
Maimunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.56393/decive.v1i1.6
Nurrohman, M. (2023). Peran Guru PKN Sebagai Motivator dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik di SMAN 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(3), 735-748
Odelia, N., Pramesti, A. S., Alirga, A. N. S., & Karisma, A. D. (2023). Sosialisasi Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak SMAN 1 Polokarto. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1186
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832
Ratnawati, R. (2018). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi Matappa Pangkep, 1(1), 1-11. Retrieved from https://journal.stkip-andi- matappa.ac.id/index.php/SemNas/article/view/142
Safitri, E., Wawan., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Sari, Y. 2019. Korelasi Antara Pemahaman Diri dengan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Pangundi Luhur Bandar Lampung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Sujana, A. A., & Wijaya, R. (2022). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PKN di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 145-159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159
Suyantana, I. N., Hafid, I. W., Matona, M. F. A. D., & Widariani, N. K. T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 110–118.
https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.582
Wahyudi, D., & Azizah, H. (2016). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Konsep Learning Revolution. Attarbiyah, 26(2016), 1-28. Doi: 10.18326/attarbiyah.v26.1-28
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under