IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 19 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter di SD Inpres 19 Ambon, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter di SD Inpres 19 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data secara trianggulasi. Data dilakukan secara terus-menerus sampai datanya jenuh. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang berada di SD Inpres 19 Ambon. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan pertimbangan sebagai berikut: (1) kepala sekolah dianggap sebagai pihak yang paling mengetahui situasi dan kondisi terkait apa yang ada di sekolah, (2) tiga guru kelas karena guru tersebut paling sering terlibat langsung dengan pendidikan anak di kelas, dan (3) beberapa siswa dari kelas III-V yang dianggap mewakili tiap kelas di SD Inpres 19 Ambon. Hasil penelitian terlihat bahwa implementasi budaya sekolah melalui budaya religius, kemandirian, nasionalisme, budaya peduli sosial dan budaya peduli lingkungan mampu mewujudkan pendidikan karakter di SD Inpres 19 Ambon.
Downloads
References
Agus, 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Agustian, Ary, G. 2008. Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey melalui Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga
Hamalik, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Kemendiknas, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur-Bulitbang.
Kesuma, D. dkk., 2013. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar. Bandung: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Komalasari dan Saripudin, 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.
Komariah, A dan Triatna, C., 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Lickona, Th., 2004. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
Lickona. Th., 2013. Pendidikan Karakter-Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik (Terjemahan dari Educating for Character, 2008 oleh Lita S), Bandung: Nusa Mesia.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosda Karya .
Saripudin. 2010. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Livin Values Education. Bandung: PT. Refika Aditama.
Tirtarahardja, Umar dan La Sulo., 1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Tilaar, H.A.R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka
Uyoh,S., dkk. 2006. Pedagogik, Bandung : UPI PRESS
Wiyani, N. A., 2012. Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Yaumi, M., 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Kencana, Jakarta.
Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf
Zubaedi, 2015. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenamedia Group Pubilshing.