Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Sejarah Perjuangan Bangsa terhadap Rasa Cinta Tanah Air di SD Negeri 2 Tiang Bendera Seram Bagian Barat

  • Wa Asna Rumbia Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Lisye Salamor Prodi Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Nathalia Y Johannes Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: Sejarah Perjuangan Bangsa, Rasa Cinta Tanah Air, Pemahaman Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaam siswa tentang sejarah perjuangan bangsa terhadap rasa cinta tanah air di SD Negeri 2 Tiang Bendera Seram Bagian Barat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kuantitatif dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh hubungan antara variabel (x) Sejarah Perjuangan Bangsa dengan varibel (y) Rasa Cinta Tanah Air, dengan hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan perhitungan skala likert. Hasil perhitungan skala likert menunjukan adanya pengaruh hubungan antara variabel x dengan variabel y dimana, 2 peserta didik atau sebanyak 6,25% berkriteria cukup, sebanyak 16 orang peserta didik atau sebanyak 50% berkriteria baik, dan berkriteria baik sekali sebanyak 14 orang atau sebanyak 43,75% dan hasil perhitungan skala likert presentase 82,2%. Dari hasil tersebut maka dapat di tarik kesimpulan bahwa bahwa pemahaman siswa tentang sejarah perjuangan bangsa serta rasa cinta tanah air dalam proses pembelajaran serta dalam kegiatan sekolah sudah ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012).

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta : Ombak Lembar Kertas, 141.

Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Fraenkel, Jack R. (2012). Bagaimana merancang dan mengevaluasi penelitian di bidang pendidikan. Pendidikan Edisi 8. Boston: Pendidikan Tinggi McGraw-Hill.

Ismaun, (2003:277). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan, Bandung Historia Utama Press.

Kartodirdjo, Sartono. (2002). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah, Jakarta: PT. Gramedia.

Darmiatun. 2013. Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gaya Media

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran.7 Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Heryana, A. (2020). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Penerbit Erlangga, Jakarta, June,1–11.

Muslich, Masnur. (2016:2017). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuncoro, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahananingtyas, E., Ritiauw, S. P., & Siahaya, A. M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V SD Inpres 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 24-37.

Muhaimin Azzet. (2011:175). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Kararkter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Pemerintahan Indonesia. (2003). Undang-Udang Sitem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan yang berlaku di Indoneisa.

Salamor L, Ritiau S, Analisis Keberadaan Hidden Currikulum dalam Pengembangan Delapan Belas Karakter Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Moral Kemasyarakatan (2021) 6 (1) 34-43

Lisye Salamor, Pengembangan Model Pembelajaran JURISPRUDENTIAL pada Mata Pelajaran PKn (Studi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kota Ambon Propinsi Maluku) Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan P-ISSN 2252-6676 Volume 4, No. 1, April 2016

Sjamsuddin. “Metodologi Sejarah”, (Yogyakarta, Ombak, 2007)

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2000.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suryabrata sumandi. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syariah Mujazirotus. (2018). Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dan semangat kebangsaan melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional peserta didik kelas II SD Nurul Islam Purwoyoso Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2017/2018 Undergraduate (SI) thesis, UIN Walisongo Semarang

Tegartt. (1960). Teori dan Proses Sejarah, Berkeley dan Los Angles: University of California Press.

Wally, R., Mahananingtyas, E., & Ritiauw, L. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 286 Maluku Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(3), 241-247.

Published
2025-10-03