PENINGKATAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD INPRES 19 AMBON

  • Elsinora Mahananingtyas Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Aprilli Maria Siahaya Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Nilai Karakter, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Numbered Head Together

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menjadikan pendidikan karakter sebagai wahana untuk membentuk sikap dan kepribadian siswa. Pendidikan karakter sudah dilaksanakan di Sekolah Dasar, tetapi sikap dan karakter siswa masih kurang jujur, bersahabat/komunikatif dan kurang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Model Numbered Head Together merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mampu bertanggung jawab baik secara individu maupun kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Gain Ternormalisasi (N-Gain). Hasil penelitian pertemuan I nilai pretest sebanyak 1281 dan nilai postest sebanyak 1660 ada peningkatan selisih 379. Jumlah nilai N-gain pada pertemuan I adalah sebanyak 10,8 dan jumlah nilai rata-rata adalah sebanyak 0,54. Sedangkan pertemuan II jumlah nilai pretest sebanyak 1485 dan jumlah nilai postest sebanyak 1785 ada peningkatan dengan selisih 345. Jumlah Nilai N-gain pada pertemuan II sebanyak 11,94 dan jumlah nilai rata-rata sebanyak 0,597.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, N. E., & Suyitno, I. (2017). The Representation of Character Education on Teachers’ Utterances in Early Childhood Learning. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(2), 53–63.
Fatimah, E. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Pustaka Setia: Bandung, 149-159
Isjoni. 2011. Cooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Kemendiknas 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan
Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. Jakarta.
Miles, MB dan AM Humberman. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Of
New Methods. SAGE. Beverly Hills.
Nursyamsi, S.Y. dan A.D. Corebima. (2016). The Effect of Numbered Heads Together (NHT) learning Strategi on the Retention of Senior High School Students in Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Studies 2(5):47-58.
Park, N. 2009. Building Strengths of Character: Keys to Positive Youth Development. Reclaiming Children and Youth, Vol. 18 (1), 42-47
Permana, P.E. 2016. Pendekatan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered
Head Together (NHT), Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2 (1), 49-58.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61-85.
Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka
Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif,
Dan R&D. Badung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal I ayat (1) Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2020-04-13