Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Media Powtoon dan Powerpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Maya Marisa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
  • Erni Erni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
  • Deviyanti Pangestu Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
  • Herpratiwi Herpratiwi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: STEM, Powtoon, Powerpoint, Berfikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon, (2) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powerpoint, (3) perbedaan antara pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon dan powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan jumlah 57 orang peserta didik. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh penerapan pendekatan STEM berbantuan media powtoon dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan pendekatan STEM berbasis media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpointlebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan media powtoon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, H., & Abidin, Z. (2022). Model Pembelajaran Yang Dapat Menumbuhkan Sikap Berpikir Kritis Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 153–159.

Alfina, Ade Irmadurisa, Ana Rauhul Zannah, Aria Riski Ivansyah, Siti Istiningsih, & Arif Widodo. (2022). Pentingnya Penggunaan Media Animasi dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Madako Elementary School, 1(2), 78–87.

Amelia, V., Darmansyah, & Fitria, Y. (2023). Pemanfaatan Platform Let’s Read Dalam Mendukung Kegiatan Literasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 6459–6473.

Ayurachmawat, P., Asmara, R., & Nopriyanti, T. D. (2024). Indonesian Research Journal on Education Karakteristik Pembelajaran IPS SD. Indonesian Research Journal on Education, 4, 380–384.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418.

Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Lakeisha. Klaten.

Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan implementasi). Pajang Putra Wijaya. Surakarta.

Lestari, P., Pangestu, D., Perdana, D. R., & Astuti, N. (2025). Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 241–251.

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43.

Putnarubun, M. G., Mahananingtyas, E., & Ritiauw, L. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV A SDN 2 Latihan SPG Ambon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1-9.

Putri, W. I., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2428–2435.

Rahim, B. (2023). Media Pendidikan. Rajagrafindo Persada. Depok.

Rendi, Marni, Neonane, T., & Lawalata, M. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82–98.

Sari, A. A., Diono, D. W., Shofi, F., & Tusriyanto. (2021). Peranan Pendidikan Sosial dalam Penanaman dan Pengembangan Karakter Anak di Kotagajah. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(191–203).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385–11396.

Published
2025-10-05