Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Alwan Naufal Akmaluddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Ryzal Perdana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Alif Luthvi Azizah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran, Inquiry Social Complexity (ISC), Keterampilan Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 40 peserta didik kelas IVA dan IVB, serta sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik kelas IVA di sebuah SD di Kabupaten OKU Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis cerpen sebelum dan sesudah penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC). Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis cerpen peserta didik setelah penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC). Nilai rata-rata hasil menulis cerpen meningkat dari 56,1 menjadi 84,55. Hasil output independent samples test (uji-t) menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai 0,000 merupakan nilai yang lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Alerbitu, N., Maipauw, M, M., Heumassy, A, P. (2024). Analysis of Applying the Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) Model in Learning to Write Narrative Essays at the Grade V Students of Osi Island State Elementary School. Journal KnE Social Sciences, 494–505. DOI 10.18502/kss.v9i31.17611

Eli Handayanti, Ferina Agustini, & Choirul Huda. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Peserta didik Kelas V SDN Pandean Lamper 05 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04).

Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2).

Gusmayanti. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Menulis Teks Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kearifan Lokal Untuk Peserta didik SMKN 1 Tebo. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3(1).

Karlina, Y., Yulianti, D., dan Perdana, R. 2022. Inquiry social complexity-based module analysis for increasing learning outcomes of grade V elementary school students. International Journal of Educational Studies in Social Sciences, 2(3).

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Peserta didik Kelas IV DI SDN Gondrong 2. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2).

Perdana, Budiyono, Sajidan, S. (2020). Model Pembelajaran ISC (Inquiry Social Complexity) (Andriyanto, Ed.). Penerbit Lakeisha, Jawa Tengah. 185 hlm.

Perdana, R., Rudibyani, R. B., Budiyono, Sajidan, & Sukarmin. (2020). The effectiveness of inquiry social complexity to improving critical and creative thinking skills of senior high school students. International Journal of Instruction, 13(4).

Priadana, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della, Ed.). Pascal Books. Tangerang. 215 hlm.

Riadi, Prasetya, Prayogi, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Social Complexity. Nuwo Abdimas, 1(1), 19–25.

Sahetapy, S. ,(2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 5 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 66-75, DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page66-75.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. 346 hlm.

Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. L., & Dewi, N. R. (2024). Literature Review: Inquiry Social Complexity-STEAM Model Based on Math Trail-Virtual Reality Activity Nuanced with Javanese Culture in Improving Critical Thinking Ability. Journal Evaluation in Education (JEE), 5(2), 89–100.

Published
2025-10-06