Pengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Marbel terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian membahas masalah tentang rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Masalah tersebut muncul karena kurangnya inovasi pendidik dalam penggunaan dan mengembangkan model dan media pembelajaran yang dapat mendukung hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang positif pada model pembelajaran game based learning berbantuan media marbel terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 53 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis melalui uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukan terdapat pengaruh game based learning berbantuan media marbel terhadap hasil belajar. Sehingga, game based learning berbantuan media marbel dapat dijadikan alternatif bagi pendidik dalam pemilihan model dan media yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Fuadah, A. 2023. Penerapan Game Edukasi Marbel Budaya Nusantara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Materi Keragaman Budaya Di Indonesia. Berajah Journal, 3(1), 227–238. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.220
Hewi, L., dan Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Maemunah, M., Mas’ud, H. (2024). Pengembangan Game Education Dengan Materi Pengenalan Penjumlahan Sederhana Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Construct 2. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12 (2), 527-540. Mahananingtyas, E., Ritiauw, S. P., & Lasso, S. D. (2020). Penerapan model CIRC berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Latihan Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(2), 130-139.
Rahayu, A. W., Azizah, I. N., Ratnawati, Y. D., Shufiyah, S. S., Juhaeni, J., Purwanti, A. A., dan Safaruddin, S. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Game based learning “One Board” terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 46–53.
Rahayu, R., Iskandar, S., dan Abidin, Y. 2022. Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Romadhoni, L., Ulfa Nur, U., Rahma Rista Utami, N., dan Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, S.2024. Pengaruh Penggunaan Media Game Marbel Budaya Nusantara terhadap Minat Belajar IPAS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2199–2210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6634
Sianturi, R. I. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Worldwall Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 060934 Medan the Influence of Game-Based Learning Model Assisted By Worldwall on Earth and Natural Events Material Towards the Learning Outc. 3.
Utami Q., Islami K. C., Sari M. A., R. Y. 2024. Efektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Tonjong 2 Kota Sukabumi. 1.
Vilga, A. P., Arafat, Y., dan Heldayani, E. 2023. Pengaruh Metode Game Based Learning (GBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Energi Alternatif di SD Negeri 02 Lahat. Journal Of Social Science Research, 3(3), 9040–9050.
Winatha, K. R., dan Setiawan, I. M. D. 2020. Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under