Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi dari tujuan pendidikan abad 21. Namun pada kenyataannya, ditemukan masalah terkait rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Segalamider Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 109 peserta didik dengan sampel sebanyak 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung = 15,65 ≥ Ftabel = 4,21 dan N-Gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik sekolah dasar.
Downloads
References
Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 179–182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1246
Amaliaa, T. C. N., Arista, R., Andarini, S. Y., Nursuliana, F. T., Prastyaningrum, V. C., Sudarti, S., & Subiki, S. 2023. Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Materi Bandul Matematis. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.46918/karst.v6i1.1805
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi VD). Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, M., Adha, M. M., Pargito, P., & Pramudiyanti, P. 2023. Discovery Learning: Learning Modules to Improve the Critical Thinking Skills of Grade IV Elementary School Students. International Journal of Current Science Research and Review, 5(10). 45. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i10-45
Ennis, R. 2011. Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. SUMMER 2011, VOL. 26, NO. 2 Critical, 26(2), 5–19. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews201126215
Gunawan, D., Soekamto, H., Sahrina, A., & Suharto, Y. 2023. Pengaruh model discovery learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 626–635. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p626-635
Hasanah, M., Silangit, S. Z. P., Jamil, R. P., & Amanda, W. N. 2023. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Nurul Iman Tanjung Morawa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.540
Herlina, L. 2022. Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Dalam PTM Terbatas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(1), 42–58. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i1.45693
Kainama, F., Johannes, N. Y., & Mahananingtyas, E. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Inpres 48 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 149-156.
Kemendikbud. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Lumbanbatu, I. L., Yun, F., Ginting, A., & Gaol, R. L. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 067093 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/ 2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 122–132. https://www.ejournal.ust.ac.id/
Marisya, A., & Sukma, E. 2020. Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697
Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255
OECD. 2022. PISA 2022. In Perfiles Educativos, 46(183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Rinawati, Abdurrahman, & Jalmo, T. 2016. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, VI(2), 147. 10.23960/jpp.v6i2.pp146-152
Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. 2019. Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://ejournal.upi.edu/
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, dan F. M. A. 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL)TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1). DOI: 10.30738/.v6i1.2082
Sugiyono. 201). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D.
Bandung: Alfabeta.
Thompson, C. 2011. Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9), p4. https://citeseerx.ist.psu.edu/
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272
Wael, S, M, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Fisika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sma Negeri 11 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 306-312.
Yulia, Z., & Salirawati, D. 2023. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMA Daerah Pedesaan Aceh. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6). DOI: 10.29303/jppipa.v9i6.3026
Zakiyah, R. E., Suryana, D., & Zulkarnaen, R. H. 2023. Jurnal Basicedu. 7(3), 1852–1861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5693
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under