Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Komang Nandayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Amrina Izzatika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Yoga Fernando Rizqi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Riswandi Riswandi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Berpikir Kritis, Discovery Learning IPAS

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi dari tujuan pendidikan abad 21. Namun pada kenyataannya, ditemukan masalah terkait rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Segalamider Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 109 peserta didik dengan sampel sebanyak 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung = 15,65 ≥ Ftabel = 4,21 dan N-Gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 179–182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1246

Amaliaa, T. C. N., Arista, R., Andarini, S. Y., Nursuliana, F. T., Prastyaningrum, V. C., Sudarti, S., & Subiki, S. 2023. Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Materi Bandul Matematis. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.46918/karst.v6i1.1805

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi VD). Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, M., Adha, M. M., Pargito, P., & Pramudiyanti, P. 2023. Discovery Learning: Learning Modules to Improve the Critical Thinking Skills of Grade IV Elementary School Students. International Journal of Current Science Research and Review, 5(10). 45. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i10-45

Ennis, R. 2011. Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. SUMMER 2011, VOL. 26, NO. 2 Critical, 26(2), 5–19. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews201126215

Gunawan, D., Soekamto, H., Sahrina, A., & Suharto, Y. 2023. Pengaruh model discovery learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 626–635. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p626-635

Hasanah, M., Silangit, S. Z. P., Jamil, R. P., & Amanda, W. N. 2023. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Nurul Iman Tanjung Morawa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.540

Herlina, L. 2022. Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Dalam PTM Terbatas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(1), 42–58. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i1.45693

Kainama, F., Johannes, N. Y., & Mahananingtyas, E. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Inpres 48 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 149-156.

Kemendikbud. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Lumbanbatu, I. L., Yun, F., Ginting, A., & Gaol, R. L. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 067093 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/ 2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 122–132. https://www.ejournal.ust.ac.id/

Marisya, A., & Sukma, E. 2020. Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

OECD. 2022. PISA 2022. In Perfiles Educativos, 46(183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Rinawati, Abdurrahman, & Jalmo, T. 2016. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, VI(2), 147. 10.23960/jpp.v6i2.pp146-152

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. 2019. Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://ejournal.upi.edu/

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, dan F. M. A. 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL)TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1). DOI: 10.30738/.v6i1.2082

Sugiyono. 201). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D.

Bandung: Alfabeta.

Thompson, C. 2011. Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9), p4. https://citeseerx.ist.psu.edu/

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272

Wael, S, M, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Fisika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sma Negeri 11 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 306-312.

Yulia, Z., & Salirawati, D. 2023. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMA Daerah Pedesaan Aceh. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6). DOI: 10.29303/jppipa.v9i6.3026

Zakiyah, R. E., Suryana, D., & Zulkarnaen, R. H. 2023. Jurnal Basicedu. 7(3), 1852–1861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5693

Published
2025-10-11