Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator penting dalam mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Tingginya hasil belajar menunjukkan efektivitas model dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 3 Kresnomulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design dengan populasi berjumlah 35 peserta didik dan sampel sebanyak 35 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 3 Kresnomulyo.
Downloads
References
Aini, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Di Sekolah Dasar.
Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021) Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(7), 1099—1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932
Anis Indira Dwi Saputri, Ervitaviyan Wahyu Putri Pangestu, Susilo Tri Widodo, Nur Indah Wahyuni, & Tri Wahyu Andayani. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404
Arends, R. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill, New York.
Khayatun Nufus, Nurkholis, N. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 3 Panguragan Wetan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 119–121.
Koro, M., Kota, M. K., Banu, A., Putra, E., & Katu, N. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Ekosistem Yang Seimbang Di SDN Batuplat 1. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 486–497.
Listianah, A., Isdaryanti, B., & Azizah, L. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Vb Sdn Bendan Ngisor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning Berbantuan Media Wordwall. Joyful Learning Journal, 13(1), 9–18.
Mahananingtyas, E. (2016). Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan. 4 (1), 17-25.
Octavia, Shilphy, A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Budi Utama. Yogyakarta.
Octaviana, Ardista. Marlina, Diyan. Kusumawati, N. (2023). Implementasi model Problem Based Learnng ( PBL ) berbantuan media wordwall. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 179–182.
Puspitasari, C., Reffiane, F., Darminingsih, A., & Setyawati, R. D. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sdn Mlatiharjo 02. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan Volume, 5(3), 1299–1307.
Putri, R. A., & Zulfah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Rivaningtyas, D. W., Maruti, E. S., & Prihantanti, I. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Berbantuan Wordwall Siswa Kelas V SDN 1 Japan Kabupaten Ponorogo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 4368–4378.
Salsabila, S. R., Wasino, & Sutopo, Y. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Tipe Matchup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02).
Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215–226. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/791/532
Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Mine. Bantul.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under