Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Matematika Kelas V
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran kelas V di SDN 1 Kalibening Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83, sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 56 peserta didik kelas VA dan VC. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil 0,001 < 0,05 dengan peningkatan 58,2% yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V.
Downloads
References
Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips Dan Trik Cara Mudah Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07–13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956
Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 807–815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4643
Aziz, F. Al, Nengah, N., Dwiyanti, M., Satriana, R., & Hermawan, J. S. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Tingkat Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika. 4, 6644–6653.
Facione, P. A., Facione, N. C., & Gittens, C. A. (2020). What the Data Tell Us about Human Reasoning. In Critical Thinking and Reasoning: Theory, Development, Instruction, and Assessment. https://doi.org/10.1163/9789004444591_016
Hubulo, N. A., Hulukati, E., Uno, H. B., & Damayanti, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369
Kartin, Y., Arjudin, Novitasari, D., & Laila Hayati. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik. Journal of Classroom Action Research, 5(2000), 15–20. http://repositori.unsil.ac.id/4934/%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/4934/5/BAB 2.pdf
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 107–114. 10.31604/ptk.v3i2.107-114
Lestari, P., Panngestu, D., Perdana, D, R., Astuti, N. (2025). Pengaruh Penggunaan LKPDBerbasis Pendekatan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 13 (1), 242-251.
Lubis, F. F., Nurdin, E., & Fitri, I. (2023). Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 277. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754
Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. In Hamim Gruop, Lampung.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98
Putnarubun, M. G., Mahananingtyas, E., & Ritiauw, L. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV A SDN 2 Latihan SPG Ambon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1-9.
Putri, L. S. R., & Murni, A. W. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Siswa Kelas IV SDN Pilang I. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i2.104
Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Wahyuni, M., Zulfa, Astuti, & Lira, P. E. (2023). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Education Research, 4(4), 2638–2644.
Wibowo, D. C., Peri, M., Sairo Awang, I., & Maro Rayo, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152–161. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under