Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Matematika Kelas V

  • Intar Khoerunisa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Riswanti Rini Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Jody Setya Hermawan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Kemampuan Berfikir Kritis, Model Pembelajaran RME

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran kelas V di SDN 1 Kalibening Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83, sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 56 peserta didik kelas VA dan VC. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil 0,001 < 0,05 dengan peningkatan 58,2% yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips Dan Trik Cara Mudah Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07–13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956

Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 807–815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4643

Aziz, F. Al, Nengah, N., Dwiyanti, M., Satriana, R., & Hermawan, J. S. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Tingkat Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika. 4, 6644–6653.

Facione, P. A., Facione, N. C., & Gittens, C. A. (2020). What the Data Tell Us about Human Reasoning. In Critical Thinking and Reasoning: Theory, Development, Instruction, and Assessment. https://doi.org/10.1163/9789004444591_016

Hubulo, N. A., Hulukati, E., Uno, H. B., & Damayanti, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369

Kartin, Y., Arjudin, Novitasari, D., & Laila Hayati. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik. Journal of Classroom Action Research, 5(2000), 15–20. http://repositori.unsil.ac.id/4934/%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/4934/5/BAB 2.pdf

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 107–114. 10.31604/ptk.v3i2.107-114

Lestari, P., Panngestu, D., Perdana, D, R., Astuti, N. (2025). Pengaruh Penggunaan LKPDBerbasis Pendekatan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 13 (1), 242-251.

Lubis, F. F., Nurdin, E., & Fitri, I. (2023). Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 277. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754

Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. In Hamim Gruop, Lampung.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Putnarubun, M. G., Mahananingtyas, E., & Ritiauw, L. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV A SDN 2 Latihan SPG Ambon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1-9.

Putri, L. S. R., & Murni, A. W. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Siswa Kelas IV SDN Pilang I. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i2.104

Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Wahyuni, M., Zulfa, Astuti, & Lira, P. E. (2023). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Education Research, 4(4), 2638–2644.

Wibowo, D. C., Peri, M., Sairo Awang, I., & Maro Rayo, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152–161. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233

Published
2025-10-15