Pengaruh Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 1 Sidodadi

  • Anggita Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Frida Destini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Jody Setya Hermawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhammad Nurwahidin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar Matematika, RME

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik mudah lupa dengan materi yang diajarkan dan kurang memahami konsep dengan baik karena konsep materi bagi anak kurang diperhatikan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control gruop design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling sebanyak 45 peserta didik. Populasi penelitian ini sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Ftabel < Fhitung 4,38 <14.183,dan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Pendidik dapat menjadikan pendekatan RME sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika yang lebih kontekstual, sehingga materi lebih mudah dipahami, sementara bagi peserta didik mereka memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna karena mereka mampu mengaitkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Dwi Indah Suryani, Wahyudi, R. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kalibagor. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 1–23.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fitriati, & Lisa, S. (2023). Jurnal Pendidikan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 41–60.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational Studies in Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 39(111). https://doi.org/https://doi.org/10.1023/A:1003749919816

Lesnusa, A., Mahananyngtias, E., Huliselan, A., Anihu, F. (2020). Studi Tentang Kemampuan Guru Kelas Dalam Penerapan Pembelajaran Inklusif Pada Sd Negeri Di Kecamatan Nusaniwe Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 8 (1) 49-62. DOI: https://doi.org/10.30598

Profithasari nindy, yutika alda, hermawan jody setya, D. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 3 Tiuh Memon. PEDAGOGI: JURNAL PENDIDIKAN DASAR e-ISSN, 10(2), 99–112.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52

Saminanto. (2021). Realistic Mathematics. SeAP (Southeast Asian Publishing).

Setya Hermawan, J., Surahman, M., Rini, R., Amaliyah, F., & Fitria Rohmah, M. (2023). Pengaruh Minat Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematicka Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar,10(2),94–105.https://jisd.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JISD/article/view/11/7

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wahid Dalail, Arif Ismunandar, H. H. (2024). Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik Melalui Kualifikasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan. Promis, 5(1), 1–23. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis

Published
2025-10-15