PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 AMBON

  • Hanna Debora Malessy Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Johanes Pelamonia Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Melvie Talakua Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Contextual teaching and learning, Hasil Belajar, sifat-Sifat Cahaya

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di kelas IV SD Negeri 4 Ambon dengan jumlah 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus sebanyak 55% siswa yang telah mencapai KKM 67 dengan perolehan pretest sebesar 40% hasil belajar siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 95%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 4 Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Arikunto,S. (2010). Prosedur PenelitianSuatuTindakanPraktik. Jakarta R. Cipta
Cahyo, N.A. (2013). Paduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta. Diva Press Hamalik.Oemar (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
. (2004).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriawan, A, dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G Johnson B. Elaine. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC
Khaeruddin dan Sudjiono, E. H. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada).
Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. (2006). Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja.
Rifa’i, A. & Catharina T.A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.
Sadirman. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT.Raja Grafindo Persada Jkt. Samatowa,U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media.
Sitania, D.S., Huliselan, E.K., dan Malawau, S. (2021) Implementasi Model Pembelajaran Inquiri dengan konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Melingkar Beraturan. Physikos Journal of physics and physics Education, 1(1), 1-9
Sitiatava Rizema Putra. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta: Diva Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suastra, I Wayan. (2006). Belajar dan PembelajaranSains. Buku ajar(tidak diterbitkan).
Singaraja:Jurusan Pendidikan Fisika,Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudjana. (2010). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Roda karya. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadameda
Group.
Sutikno, S. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok:Holistica Lombok. Syaefudin Sa’ud, Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung : UPI Press.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka.
Wati, N. M. (2015). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kebondalem Lor (Doctoral dissertation, PGSD).
Published
2025-04-29