Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Masalah penelitian ini adalah dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi berlandaskan positivistic. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Way Kandis, SD Negeri 2 Perumnas Way Kandis dan SD Negeri 3 Perumnas Way Kandis, yang berjumlah 187 orang. dan sampel penelitian sebanyak 65. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian angket dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter. Data dianalisis menggunakan untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua diuji dengan rumus korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada dampak penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas iv sekolah dasar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,706 berada pada taraf “Kuat”.
Downloads
References
Agustini, F. (2020). Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/24513/15420 Anggraeni, A., & Hendrizal, H. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila: Jurnal PPKn & Hukum, 13(1), 64-76.
Haryati, S. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. E- Library Untidar. https://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan Karakter-dalam-kurikulum.pdf Indrastoeti, J. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP UNS. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8944/6505 Mahananingtyas, E., Ritiauw, S, P., Siahaya, A, M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V SD Inpres 19 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8 (1), 24-37. DOI: https://doi.org/10.30598
Marudin, M., & Gozali, M. 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VA Di MI Bustanul Ulum Pesanggrahan Batu. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 97–107.
Muncarno. 2017. Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.
Nida, & Taufiqqurahman. 2019. Pendidikan karakter perilaku sosial anak usia sekolah dasar dalam keluarga di kota banjarmasin. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 75-90.
Novitasari. 2016. Dampak Penggunaan Gatget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Abdimas 5(1), 57-60
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under