Analisis Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam Membentuk Sikap Mencerminkan Nilai-Nilai Pancasila di SDN 3 Bunobogu

  • Muhajir Muhajir Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Nasriani Nasriani Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Moh. Rudini Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Model vct,, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 3 Bunobogu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan 10 siswa dan 1 guru kelas sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model VCT berdampak positif terhadap peningkatan sikap dan karakter siswa, terutama dalam hal tanggung jawab, kedisiplinan, empati, kerja sama, serta penggunaan bahasa yang santun. Guru menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konsep VCT, yang kemudian diwujudkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang kontekstual dan reflektif. Meski menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan perbedaan karakter siswa, guru mampu menggabungkan VCT dengan metode lain untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model VCT efektif dalam membantu siswa mengklarifikasi dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara mendalam. Rekomendasi diberikan agar model ini diterapkan secara luas dalam pembelajaran nilai dan karakter pada mata pelajaran lainnya di jenjang pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adekotejayo, D. (2023). Analisis penerapan model pembelajaran VCT ( value clarification technique ) dalam pengembangan nilai karakter peserta didik kelas III di SDN 18 Rejang Lebong [Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/5279/

Anisa, O. M. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Value Clarification Tecnique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IN SDN 1 Serdang Tanjung Bintang Tahun 2018/2019 [Universita Negeri Raden Intan Lampung]. In Jurnal. http://repository.radenintan.ac.id/9592/1/PUSAT.pdf

Bp, S. A., Ananda, A., Khaidir, A., Fatimah, F., & Pendahuluan, A. (2024). Value Clarification Technique ( VCT ) Learning Model For Student Character Building On Pancasila Education Courses. UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education, 679–684. https://ibicie.uinib.ac.id/index.php/ibicie/article/view/222

Cahyani, B. G., Rosyida, H. Q. F., Aeni, K., Nuraeni, R., & SuginoSugino5. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan pancasila materi aturan sekolah berbantuan media kantong aturan kelas 3 SD N Kedungpane 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 221–231. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4848

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Febriany, F. S., Risdiany, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implikasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam Meningkatkan Kesadaran Nilai Moral pada Pembelajaran PKN di SD Farah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5050–5057. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Fikri, M., & Akmaluddin, A. (2024). Pendidikan pancasila dan implikasinya terhadap pembentukan karakter generasi muda. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(11), 241–249. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6096

Hidayah, I. N., & Setiawan, D. A. (2024). Penerapan Model Value Clarification Technique Berbantuan Video Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VA SDN Mergosono 2. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1(2), 1984–1993. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048

Mawardi, & Hasan, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. JSD: Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 15–22. https://core.ac.uk/download/pdf/389313648.pdf

Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan:Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki HajarDewantara Dan Nilai-NilaiPancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2809–2818.

Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Journal of Educational Developmenta, 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214

Putri, S. W. D., Sugiati, A., & Said, T. G. (2024). Penerapan model pembelajaran value clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN kelas V SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 24(7), 28–42. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13792

Saravistha, D. B., Sutiapermana, A., Fardiansyah, H., Sembada, A. D., Riyanti, D., Usmi, R., Ahmad, D., Sumario, S., Susilawati, E., Fathimah, S., Pasaribu, E., Muharam, R. S., Muin, F., Pravita, V. D., & FitrianiFitriani. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413–420. https://doi.org/10.29210/30032075000

Tunnisa, Z., & Alwi, N. A. (2024). Pengaruh Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(2), 210–217. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i2.3228

Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Published
2025-10-15