Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Gambar di Kelas IV SDN Malingping

  • Vanesa Olivia Sanusi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia.
  • Riga Zahara Nurani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia.
  • Hatma Heris Mahendra Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Writing Skills, Description Text, Picture Media

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa sejak dini. Namun, hasil observasi di kelas IV SDN Malingping menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi masih tergolong rendah, di mana hanya 58,33% siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dengan memanfaatkan media gambar. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas IV SDN Malingping. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes menulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa dari (58,33%) pada tahap awal, menjadi (66,66%) pada siklus pertama, dan meningkat signifikan menjadi (91,66%) pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Alerbitu, N., Maipauw, M, M., Heumassy, A, P. (2024). Analysis of Applying the Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) Model in Learning to Write Narrative Essays at the Grade V Students of Osi Island State Elementary School. Journal KnE Social Sciences, 494–505. DOI 10.18502/kss.v9i31.17611

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. https://doi.org/10.31227/osf.io/pq324

Bayudi, A. (2020). Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (4) (2020) 1368 – 1372.

Febriyanto, B. F., Rahman, Yuliawati, Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1519–1528. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5647

Harahap, K. G., & Pradana, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa. 06(03).

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109–115. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25459

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Muslich, M. (2021). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramadhani, N. P., & Azmy, B. (2025). Pengaruh metode mind mapping berbantuan media sticky notes terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 120–128

Rasyid, A., & Arif, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Game Android untuk meningkatkan kemampuan Berpikir kritis siswa.

Rumbiak, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar di SD Negeri Bakalan Bantul.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2

Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910

Syariah, E. N., & Fadhillah, D. (n.d.). Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi Kota Jakarta Barat.

Sugiarti, T. (2023). (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 108–120. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i2.2360

Suratni, S. (2021). Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Fantasi Dengan Media Rumah Fantasi Kelas VII F Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Sitiung. Inovasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3015

Yulianti, T. U., Asri, S., Ulfa, M., & Pgsd, P. (n.d.). Pengaruh Belajar Berkelompok Terhadap Keterampilan Menulis Iklan.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494

Zahara, S., & Fuad, Z. A. (2021). Penerapan Language Experience Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II SD Negeri Siem.

Published
2025-10-11