Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Dongeng Kelas IV SDN Kotabaru
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya di jenjang sekolah dasar. Namun, realita di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berbicara di kelas IV SDN Kotabaru masih tergolong rendah, dimana sebagian siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan model pembelajaran role playing pada materi dongeng. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa, dari (45,16%) pada pratindakan, naik menjadi (64,52%) di siklus pertama, dan meningkat lagi menjadi (87,10%) di siklus kedua. Perkembangan tersebut terlihat pada aspek pelafalan, intonasi, kelancaran, ekspresi, serta ketepatan isi pembicaraan. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi dongeng.
Downloads
References
Alimah, M., & Indihadi, D. (2022). Analisis Teks Narasi Implementasi Strategi Mind Mapping Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5512–5519. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3245
Basri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas SDN 032 KUALU KECAMATAN TAMBANG. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 38. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4368
Dumaini, N. K. D., & Ardhiani, G. A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Lampuhyang, 14(2), 160–176. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.356
Hesti, S., & Mappapoleonro, A. M. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Mendongeng.
Hutabarat, V., Panjaitan, M. B., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Haasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD NEGERI 125138 Pematangsiantar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 230–238.
https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page230-238
Kauy, A., & Arience Lesnussa, E. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5 Dobo. Jurnal: Kamboti of Journal Education Research and Development, 3, 49-58.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782
Naldi, A., Oktaviandry, R., & Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938
Noya, H., Sahetapy, S., Alerbitu, N., & Maipauw, M. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Mendongeng Dengan Menggunakan Pendekatan Paired Storytelling Pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Ambon. Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1-10.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). PPenggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867
Said, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3437
Simbolon, N. R. M., Arika, S., Nurfitriana, S., & Puspita, S. W. (2025). Perencanaan Pembelajaran. 2(2).
Wahyuni, F., & Herlinda, H. (2021). Paradigma Pembelajaran Efektif Bahasa dan Sastra Indonesia. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 40. https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12786
Wijayanti, T., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1953–1961. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1048
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under