Media Komik sebagai Sarana Pembelajaran Literasi Siswa SD dalam Kurikulum Merdeka

  • Dwipa Ringi I Gusti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Indonesia
  • Zarita Syifa Adelia Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Indonesia
  • Gita Puspa Giwang Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Indonesia
  • Meilissa Aulia Dzakwani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Indonesia
  • Rani Setiawaty Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Indonesia
Keywords: Literasi Membaca, Media Komik, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Visual, Studi Pustaka

Abstract

Kemampuan literasi membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting bagi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memahami informasi. Rendahnya minat serta keterampilan membaca menjadi tantangan yang perlu ditanggapi dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menarik. Media komik dinilai sebagai salah satu alternatif yang efektif dalam meningkatkan literasi membaca. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran media komik dalam meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar melalui pendekatan studi pustaka. Data penelitian ini berjumlah 20 artikel yang dikumpulkan menggunakan metode telaah literatur dari berbagai jurnal nasional terakreditasi, buku ilmiah, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media komik mampu meningkatkan minat baca, memperkuat pemahaman isi bacaan, serta mendukung pengembangan literasi visual. Penyajian materi dalam bentuk naratif dan visual menjadikan komik sebagai media yang menyenangkan, komunikatif, dan mudah dipahami siswa. Oleh karena itu, media komik dapat dijadikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran literasi sejak dini, terutama di tingkat sekolah dasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Alerbitu, N., Maipauw, M, M., Heumassy, A, P. (2024). Analysis of Applying the Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) Model in Learning to Write Narrative Essays at the Grade V Students of Osi Island State Elementary School. Journal KnE Social Sciences, 494–505. DOI 10.18502/kss.v9i31.17611.

Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295

Arthawidiani, M. A. H., Putri, E. K., Rofiqoh, U., Fitria, T. N., Ramadhani, L. P., & Dayu, D. P. K. (2022). Pengaruh Media Komik Berbasis Augmented Reality Terhadap Literasi Membaca Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 37–44.

Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489–499.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Hasanah, N. (2020). Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di Gubuk Baca Sekolah Pagesangan Wintaos Gunungkidul (Studi Fenomenologi). Jurnal Transformatif, 4(1), 49–62.

Ida Bagus Wika Pramana, H. F., & Safnowandi. (2022). Pengaruh Metode Mind Map Dengan Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 69–85.

Irnawati. (2022). Penerapan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Kusumawati, S. B., Almira Durhotul Jannah, & Rani Setiawaty. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 6(2), 104–114.

Lumbantobing, Y, K., Sinaga, C, V, R., Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Di Kelas Iii Uptd Sdn 122380 Pematangsiantar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 265-271. Doi: Https://Doi.Org/10.30598

Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Komik Digital Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(6), 1274–1283.

Meidyawati, S., WS, R., & Hodidjah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Membaca Pemahaman di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283–295.

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405.

Nisa Khoirotul Mahfudoh, & Sunarso, A. (2024). KOMIKA Media (Children’s Comics) Improves Learning Outcomes in Indonesian Cultural Wealth Material for Fourth Grade Elementary School. Journal of Education Research and Evaluation, 8(2), 286–295.

Prabowo, A., & Sari, D. (2021). Model pengembangan literasi dasar untuk siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45–55.

Pramesti, N. P. I., Kristiantari, M. G. R., & Wayan, S. I. (2024). Komik Digital Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 285–294.

Putri, M. T. G., & Purnengsih, I. (2023). Gaya Visual Nusantara dalam Media Cover Komik Sangkuriang Karya R. A. Kosasih. Jurnal Desain, 10(3), 605.

Romadhona, D., Nurachmana, A., Christy, N., & Mingvianita, Y. (2023). Implementasi dan problematika gerakan literasi di SD Negeri 2 Palangka. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 114–128.

Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(3), 474–485.

Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519.

Sulistriyaniva, R., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2024). Media komik digital dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: literature review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).

Syahfitri, D. M., & Saragih, M. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Digital terhadap Keterampilan Membaca Siswa Usia Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 6(1), 45–58.

Wakarole, A., Ritiauw, L., Johannes, N. Y., & Alerbitu, N. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Elpaputih Kecamatan Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat. Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1-8.

Waly, W. R., Sahetapy, S., Alerbitu, N., & Maipauw, M. M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Media Komik Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Seith. Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 67-78.

Wulandari, Dwi, Triana Rejekiningsih, and E. B. S. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Journal on Education, 1(1).

Published
2025-10-15