Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif TGT Berbasis Educaply dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

  • Saskia Saskia Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Moh Rudini Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Hamna Hamna Prodi PGSD, Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8463-4067
Keywords: Educaplay, Hasil Belajar, Matematika, Metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT))

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Tambun melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media Educaplay. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah sembilan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 72 pada siklus I dengan ketuntasan 55,56% menjadi rata-rata 84 pada siklus II dengan ketuntasan 100%. Aktivitas guru dan siswa juga meningkat, dengan capaian aktivitas guru sebesar 97,72% dan aktivitas siswa mencapai 98,33%. Selain itu, hasil belajar kelompok diskusi juga meningkat dari rata-rata 75 menjadi 100. Penerapan model TGT berbasis Educaplay mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif. Temuan ini menunjukkan bahwa model tersebut efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran alternatif di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Abdillah, L., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Nisa’khusnia, A., Noveni, N. A., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. shadika, Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS : TEORI DAN PENERAPANNYA (M. P. . Dr. Adirasa Hadi Prasetyo (ed.)). PENERBIT ADAB. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pnlfEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=tujuan+PTK+&ots=YA8E59-3cb&sig=xzg2udpjb5x7HPzDLdWUwNlvcG8&redir_esc=y#v=onepage&q=tujuan PTK&f=false

Agustin, D., Regina, B. D., & Wardani, R. S. (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Parameter, 36(2), 150–165. https://doi.org/10.21009/parameter.362.04

Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2021). Analisis penerapan model TGT (teams, games and tournament) tehadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708

Basyar, S. (2020). Pemikiran tokoh pendidikan islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 16311638. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2306

Dian Dwi Suryani, Rina Dwi Setyawati, & Fenny Roshayanti. (2023). Pengaruh Model Pbl Menggunakan Lkpd Berbantuan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iia. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 776–788. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1359

Fitri, Z., Astini, B. N., & Triwahyuni, I. (2025). Penerapan model pembelajaran PBL (problem based learning ) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI SDN 1. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.773 Article

Fitriani, Y. I., Mursidik, E. M., & Teguh. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe TGT berbantuan kartu soal kelas V SD Negeri 1 Tinatar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 1–13. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/14803%0Ahttps://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/download/14803/4856

Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928

Larasati, N., Perdana, D. R., Nuraini, S., & Erni, E. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 147–160. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol13issue1year2025

Mahananyngtias, E., Ritiauw, S,P., Siahaya, A, M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V SD Inpres 19 Ambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 24-37.

Marwati, E., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601–2607. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5609

Maulidina, A., Subrata, H., & Muhimmah, H. A. (2023). Systematic literature review: Media pembelajaran pada materi pecahan sekolah dasar. Jurnal MathEdu: Mathematic Education Journal, 6(3), 110–123. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 659–663. https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2685/1908

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar metematika kelas IV. JIP : Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Pristtiawati, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, ratna sari. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Rani, D. E. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Sirad, L., H., & Arnawati. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Memaksimalkan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 26–34. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.4

Published
2025-10-15